Ini Dia Cara Mudah Menghilangkan Kantung Mata

Kecantikan – Tidak hanya bisa menimbulkan masalah kesehatan, kekurangan tidur dan istirahat juga bisa menjadi masalah bagi penampilan, salah satunya adalah menyebabkan timbulnya kantung mata.

Kantung mata atau yang juga biasa disebut dengan mata panda bisa muncul karena mata yang kelelahan karena kurang istirahat.

Mata yang kelelahan akan membuat pembuluh darah disekitar mata menjadi semakin tegang, sehingga kulit menjadi kendor dan tak jarang juga memunculkan lingkaran hitam di sekitar mata.

Selain disebabkan karena kurang tidur, kantung “mata panda” juga bisa muncul karena beberapa penyebab dibawah ini.

  • Kekurangan ciran. Dehidrasi bisa mengakibatkan peredaran darah diseluruh tubuh terganggu, termasuk peredaran darah disekitar mata, sehingga akan menyebabkan pembuluh darah membengkak dan menimbulkan kantung mata.
  • Pigmentasi kulit. Paparan sinar matahari berlebih bisa menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata.
  • Pengaruh alkohol. Mengkonsumsi alkohol akan membuat pembuluh darah disekitar mata menjadi semakin melebar.
  • Kelebihan konsumsi garam. Garam berlebih di dalam tubuh dapat mengganggu keseimbangan cairan dan peredaran darah, serta menyebabkan pembengkakan di bawah mata.
  • Terlalu lama menatap layar monitor/televisi.
  • Tidur terlalu lama.
  • Alergi/iritasi terhadap kosmetik.
  • Penuaan kulit.

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab mata panda diatas, berikut akan disajikan beberapa tips dan cara paling praktis yang bisa dilakuan untuk menghilangkan kantung mata, baik yang disebabkan karena penuaan kulit, maupun karena kurang tidur.

Maskeran Dengan Timun
Selain dapat membuat mata menjadi lebih segar, menggunakan mentimun sebagai masker juga cukup efektif untuk menghilangkan lingkaran hitam serta kerutan didaerah sekitar mata. Caranya, cukup tempelkan irisan buah mentimun pada kedua mata, lalu diamkan selama 20 menit. Atau, anda juga bisa menggunakan mentimun yang sudah dihaluskan untuk maskeran.

Kompres Dengan Air Dingin
Penggunaan air dingin berfungsi untuk menormalkan kembali sirkulasi darah disekitar mata sehingga bengkak-bengkak dibawah mata bisa segera dihilangkan. Caranya, celupkan selembar kain bersih pada air dingin yang sudah disimpan di dalam kulkas, lalu gunakan untuk mengkompres kulit di bawah mata. Celupkan kembali kain ke dalam air setelah rasa dingin hilang, lalu ulangi terus cara ini hingga 5 menit.

Gunakan Pelembab Khusus Mata
Pelembab disini tidak berarti obat tetes mata yang juga berfungsi untuk membasahi mata, melainkan krim khusus yang memang berfungsi untuk melembabkan kulit disekitar mata. Krim pelembab mata ini biasanya memiliki kandungan berbagai zat kimia aktif seperti kolagen dan vitamin C yang berfugsi untuk mencerahkan serta mengencangkan kulit disekitar mata.

Gunakan Masker Buah Tomat
Buah tomat memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang berfungsi untuk mempercepat regenerasi sel-sel kulit. Tomat juga tidak menimbulkan rasa perh, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai masker di daerah mata.

Kompres dengan Teh Celup
Teh sangat kaya akan kandungan kafein yang dapat berfungsi untuk menghilangkan lingkar hitam serta merilekskan pembuluh darah yang tegang. Teh juga bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit, sehingga kerutan di bawah mata bisa tersamarkan. Cara penggunaannya, rendam 2 kantung teh celup dalam segelas air dingin, diamkan selama satu malam, lalu gunakan kantung teh untuk mengkompres mata.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …