Pelapukan dalam Perubahan Benda

Pelapukan adalah peristiwa perubahan bentuk dan sifat benda karena beberapa faktor.

Pelapukan merupakan proses yang berhubungan dengan penghancuran bahan. Benda yang umumnya mengalami pelapukan adalah kayu. Hal itu dapat disebabkan oleh organisme (makhluk hidup)maupun anorganisme(benda mati).

Waktu yang diperlukan untuk proses pelapukan itu sangat lama. Pelapukan dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu pelapukan meknik dan pelapukan biologis.

Pelapukan biologis disebabkan oleh aktivitas organisme, seperti jamur dan jasad renik lainnya. Contohnya, kayu yang tadinya keras, lama-kelamaan akan hancur dimakan rayap. Untuk menghindarinya, kayu tersebut harus dicat terlebih dahulu.

Pelapukan mekanik terjadi akibat suhu, tekanan, angin, dan air. Pelapukan mekanik dapat berlangsung lama atau sebentar. Contohnya, kamu pasti pernah melihat batuan yang ketika dipegang dan ditekan sedikit akan hancur. Batuan tersebut sudah mengalami proses pelapukan yang sangat lama akibat terkena air, perubahan, suhu, dan tekanan.

Pelapukan pada kayu dapat dicegah dengan cara melapisi kayu dengan cat dan pernis. Dengan cara tersebut dapat menutupi celah-celah yang terdapat dalam kayu.

Check Also

How To, Tutorial

Bagaimana Cara Penanggulangan Abrasi?

Apa yang dimaksud dengan Abrasi? Abrasi adalah penyebutan untuk menggambarkan keadaan pengikisan tanah pada daerah …