Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh – Pepaya bukan hanya mujarab sebagai obat pencahar alami. Penemuan sekelompok mahasiswa semester akhir dari Agriculture and Agribusiness Department, Universitas Karachi, mengatakan, buah berwarna merah kekuningan ini berkhasiat menurunkan risiko serangan jantung dan diabetes. Belum cukup sampai di situ, peneliti juga menemukan khasiat lain pepaya untuk tubuh. Demikian dikutip Times of India dari Pakistan Times Daily.

Muhammad Kamran Nasir, salah seorang peneliti, mengatakan, biji pepaya yang dibuat jus dapat menjaga ginjal agar tetap terawat. Alasannya, dalam biji tersebut memiliki kandungan flavonoid dan phenotic, yang berperan mencegah kuman menginfeksi organ ginjal manusia. Jus biji pepaya juga bermanfaat mencegah sejumlah infeksi lain dan membersihkan serangga di usus.

Sebagai informasi, ada 76,7 persen anak-anak di Nigeria terinfeksi serangga di dalam ususnya. Hal tersebut bisa diatasi dengan jus biji pepaya selama tujuh hari berturut-turut. Selain itu, ungkap Nasir, biji ini juga membantu mencegah penyakit tifus meskipun meminumnya bersama susu. Penyakit wasir ini dapat diatasi dengan jus biji pepaya. Dengan meminumnya secara teratur, kata Nasir, akan melindungi tubuh dari pembentukan tumor karena memiliki senyawa khusus.

Dari daging buahnya, terdapat sejumlah besar vitamin C, potasium, kalsium, zat besi, thiamin, dan magnesium. Papain, salah satu enzim di pepaya, membantu mengatasi gangguan pencernaan dan masalah perut. Konten carpain dalam pepaya juga membantu mencegah dari beberapa jenis penyakit. Dan, merujuk penelitian ini, salah satu penyakit yang bisa diatasi adalah diabetes dan serangan jantung.

Sementara itu, Nasir dan timnya juga mencatat manfaat pepaya dalam menyetabilkan tekanan darah. Untuk pasien hipertensi, disarankan memasukkan pepaya dalam menu hariannya. Tekanan darah tinggi diketahui sebagai salah satu sebab penyebab serangan jantung dan stroke, di samping ada faktor lain.

Antioksidan pepaya, seperti lycopene dan lainnya, ke dalam melawan atau mencegah kanker dengan konsumsi setiap hari. Seratnya bagus untuk mengurangi berat badan. Dan, pepaya menjadi salah satu buah yang berfungsi untuk detoksifikasi racun dalam tubuh. Vitamin A-nya meningkatkan fungsi penglihatan dan menyuburkan pria maupun wanita.

“Pepaya juga menghilangkan keluhan mual dan sembelit, dan juga melindungi dari pembentukan emfisema di tubuh pada mereka yang punya kebiasaan merokok,” kata para peneliti.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …