7 Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

7 Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah – Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting dan membutuhkan perhatian khusus untuk perawatannya. Berbeda dengan kaum pria yang kebanyakan tidak terlalu memikirkan masalah wajah, bagi kaum wanita, wajah adalah salah satu bagian tubuh yang dianggap berharga karena akan sangat menunjang penampilan.

Timbulnya berbagai macam masalah wajah seperti noda, flek hitam, atau kerutan di wajah tentu saja akan membuat kita menjadi tak percaya diri. Apalagi wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling sensitif jika dibandingkan dengan anggota tubuh yang lain.

Bagi para remaja yang sedang dalam masa pubertas, wajah akan menjadi sangat sensitif terhadap minyak, sinar matahari, ataupun kotoran-kotoran dari luar yang pada akhirnya dapat menimbulkan beberapa gangguan pada wajah, salah satunya adalah timbulnya flek hitam. Sebenarnya ada banyak sekali merek-merek kosmetik yang banyak dipakai untuk menutupi flek hitam di wajah. Namun yang perlu diingat, bahan-bahan ini hanya berfungsi untuk menutupi bukan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Memang ada beberapa bahan kosmetik yang berfungsi sebagai pembersih wajah, namun sepertinya tidak ada salahnya juga untuk mencoba menghilangkan flek hitam di wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya lebih murah meriah.

Berikut adalah tujuh cara mudah menghilangkan flek hitam di wajah secara alami.
Menggunakan Kulit Jeruk Manis
Langkah pertama adalah anda harus membuat ramuan kulit jeruk manis dengan cara merebusnya. Lalu saring ramuan tadi hingga tinggal airnya saja. Setelah itu, minum air rebusan kulit jeruk manis tadi saat masih hangat. Disarankan untuk meminum ramuan ini satu kali sehari dalam kurun waktu tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak hanya dapat berfungsi untuk menghilangkan flek hitam pada wajah, sari kulit jeruk manis juga dapat berfungsi untuk menghaluskan kulit wajah anda.

Menggunakan Buah Persik
Caranya adalah, oleskan buah persik yang sudah dihaluskan pada wajah anda. Setelah itu, pijit secara perlahan wajah yang sudah diolesi dengan buah persik tadi lalu diamkan wajah selama 10 menit. Setelah itu, basuh muka sampai bersih. Selain buah persik, anda juga bisa menggunakan bagian putih pada buah semangka dengan cara yang sama.

Menggunakan Kulit Mentimun
Bercak-bercak hitam atau flek hitam di wajah kebanyakan disebakan karena pengaruh sinar matahari. Salah satu cara ampuh dan alami untuk menanggulangi paparan sinar matahari secara berlebihan adalah dengan menggunakan kulit mentimun. Caranya adalah, anda tinggal menggosokkan kulit mentimun pada bagian wajah yang terdapat banyak noda hitam. Selain itu, disarankan juga bagi anda untuk banyak mengkonsumsi mentimun tanpa dikupas. Selain dapat berkhasiat untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah, buah mentimun yang belum dikupas ternyata juga berkhasiat untuk mengancangkan kulit.

Menggunakan Kulit Buah Pepaya
Selain kulit buah mentimun, kulit buah pepaya ternyata juga dapat berguna untuk menghilangkan flek hitam di wajah yang disebabkan oleh terik matahari. Caranya mudah, anda hanya tinggal menempelkan kulit buah pepaya pada flek hitam di wajah anda yang ingin dihilangkan. Selain itu untuk menghilangkan flek hitam, kulit pepaya ternyata juga dapat digunakan untuk menghambat keluarnya keriput pada kulit wajah anda.

Menggunakan Kulit Pisang Mas
Kulit Pisang Mas paling cocok digunakan untuk menghilangkan noda-noda hitam terutama yang ditimbulkan oleh bekas cacar air. Caranya mudah, yaitu anda tinggal menggosokkan kulit pisang mas tadi pada bagian wajah yang terdapat noda hitam, setelah itu diamkan sebentar sampai kering lalu bilas dengan air sampai bersih. Jika anda lakukan cara ini secara rutin dan konsisten, bukan tak mungkin noda-noda flek hitam di wajah akan benar-benar hilang dan kulit anda akan menjadi bersih kembali.

Menggunakan Campuran Beras dan Bubuk Kayu Manis
Caranya adalah, tumbuk beras sampai halus lalu tambahkan bubuk kayu manis secukupnya. Setelah itu, goreng campuran tumbukan beras dan bubuk kayu manis tadi tanpa menggunakan minyak, lalu oseng hingga bahan-bahan tadi benar-benar tercampur dan warnanya berubah menjadi kekuningan. Setelah dingin, oleskan secukupnya ramuan ini pada bagian wajah terutama yang terdapat flek hitam. Ulangi cara ini tiga kali seminggu hingga flek hitam benar-benar hilang.

Menggunakan Bengkoang
Untuk menghilangkan flek hitam dan membuat wajah menjadi lebih bersih dan cerah, kita bisa menggunakan bengkoang sebagai masker wajah. Caranya adalah kupas kulit bengkoang lalu parut buahnya sampai halus. Setelah itu, oleskan parutan buah bengkoang tadi pada wajah yang terdapat flek hitamnya. Lalu diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air bersih. Ulangi cara ini selama dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …