Pengertian dan Jenis-Jenis Wilayah

Pengertian dan Jenis-Jenis Wilayah – Dalam ilmu geografi, memahami pengertian dan jenis-jenis wilayah sangatlah penting karena ilmu geografi sendiri merupakan ilmu yang mendasarkan diri pada analisis interelasi keruangan antar gejala geografi pada suatu region atau wilayah.

A. Pengertian Wilayah
Menurut R. E. Dickinson, wilayah adalah sesuatu yang kondisisi fisiknya homogen. Sedangkan menurut Taylor, wilayah adalah bagian dari permukaan bumi yang berbeda dan ditunjukkan oleh sifat-sifat yang berbeda dan ditunjukkan oleh sifat-sifat yang berbeda dari lainnya.

Dengan demikian, kita bisa menyimpulkan bahwa wilayah merupakan daerah yang memiliki ciri-ciri tertentu sehingga dapat dibedakan dengan daerah sekitarnya. Misalnya wilayah hutan memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan wilayah pertanian dll.

B. Jenis-Jenis Wilayah
1. Berdasarkan kekhasannya wilayah dapat dibedakan menjadi dua jenis.

a. Wilayah yang didasarkan atas konsep homogenitas disebut juga wilayah formal (homogeneous/uniform region). Misalnya wilayah bentuk ekonomi, wilayah bentuk lahan.

b. Wilayah yang didasarkan atas konsep heterogenitas disebut juga wilayah fungsional (nodal region/organic region). Misalnya kota metropolitan.

2. Dalam geografi dikenal tiga kriteria pewilayahan dengan ciri-ciri sebagai berikut.

a. Pewilayahan berciri tunggal (single topic region) yakni penetapan region atau wilayah yang didasarkan pada salah satu aspek geografi. Misalnya tekanan udara bisa untuk membedakan wilayah dataran rendah dan wilayah dataran tinggi.

b. Pewilayahan berciri majemuk (multi topic region) yakni penetapan wilayah yang didasarkan pada beberapa faktor geografi. Misalnya penetapan wilayah berdasarkan iklim. Nah dalam penetapan iklim pasti akan menggunakan beberapa faktor geografi seperti angin, suhu, curah hujan dll.

c. Pewilayahan berciri keseluruhan (total region) yakni penetapan wilayah yang didasarkan pada banyak faktor menyangkut lingkungan alam, lingkungan biotik maupun manusia. Misalnya penetapan wilayah hutan pinus, hutan cemara dll.

Sumber:
Anjayani, Eni.2009. Geografi untuk Kelas XII SMA/MA. Klaten: PT.Cempaka Putih.
Endarto, Danang.2009.Geografi 3 untuk SMA/MA Kelas XII.Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …