Ini Dia Sejarah 1 Oktober Sebagai Hari Kesaktian Pancasila

Dalam masa pemerintahannya, Orde Baru menerapkan 1 Oktober sebagai hari kesaktian pancasila.

Ditetapkannya tanggal 1 oktober untuk diperingati sebagai hari kesaktian pancasila bukanlah karena kebetulan belaka dan tanpa alasan.

Tetapi penetapan tersebut memiliki sejarah yang tak bisa dilupakan bangsa Indonesia. Dimana pada tanggal 30 September 1965 telah terjadi insiden yang dikenal dengan Gerakan 30S PKI.

Pengen tau cerita selanjutnya? simak infonya berikut ini:

Orba Tetapkan 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila
Pemerintah era Orde Baru menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Penetapan itu berawal dari insiden pada 30 September 1965.

Dilansir situs Wikipedia, insiden ini sendiri masih menjadi perdebatan dilingkungan akademisi mengenai siapa penggiatnya dan apa motif dibelakangnya.

Akan tetapi otoritas militer dan kelompok reliji terbesar saat itu menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan usaha PKI mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis.

Pada hari itu, enam jenderal dan satu kapten serta berberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta.

Gejolak yang timbul akibat G30S pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia.

Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September (G30S) dan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Sumber: OKZ

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …