Perbedaan antara Anafase dan Telofase

Berbeda dengan prokariota, eukariota memiliki genom yang relatif besar dan lebih kompleks. Oleh karena itu, untuk menghasilkan sel anak baru, adanya siklus sel yang terorganisir dengan baik merupakan faktor penting. Siklus sel dapat dibagi menjadi lima tahap; 1. fase G1, yang merupakan fase pertumbuhan terpanjang dan utama sel, 2. fase S, fase di mana sintesis sel mereplikasi genom, 3. fase G2, yang merupakan fase pertumbuhan kedua, 4. fase Mitosis, yang di mana divisi nukleus terjadi dan menghasilkan dua nukleus putri identik, dan 5 Sitokinesis, yang mencakup pembagian sitoplasma dan penciptaan sel anak baru yang terpisah. Karena, mitosis terdiri dari beberapa peristiwa; dapat dibagi lagi menjadi empat fase; yaitu, profase, metafase, anafase, dan telofase. Pemisahan kromatid kakak dan pembentukan putri mengambil tempat inti selama anafase dan telofase.

Anafase

Anafase adalah terpendek dari semua tahapan mitosis. Sampai saat ini, protein memegang kromatid pada sentromer. Pada awal anafase, sentromer membagi, dan dua kromatid mulai terpisah dari satu sama lain dengan menghapus ikatan protein secara bersamaan dari semua kromosom. Kemudian mikrotubulus menarik masing-masing kromosom adik cepat ke arah kutub yang berlawanan dari sel. Ada dua gerakan berlangsung pada sel selama anafase. Gerakan-gerakan ini sering disebut sebagai ‘Anafase A’, di mana kinetokor ditarik ke arah kutub, dan ‘Anafase B’, di mana kutub bergerak terpisah menghasilkan sel-sel memanjang (jika membran fleksibel mengelilingi sel). Kedua gerakan terjadi secara simultan dan didorong oleh mikrotubulus.

Telofase

Telofase adalah tahap akhir dari mitosis selama reformasi nukleus putri berlangsung. Pada telofase, aparatus gelendong menyelubungi dan kromosom tidak lagi melekat pada mikrotubulus di sentromer. Kromosom sekarang mulai mengorak ke dalam bentuk yang lebih luas yang memungkinkan ekspresi gen. Telofase adalah kebalikan dari proses profase, membawa sel kembali ke interfase tersebut.

Apa perbedaan antara Anafase dan Telofase?

  1. Anafase diikuti dengan telofase.
  2. Lamanya anafase lebih pendek dibandingkan dengan telofase.
  3. Re-formasi nukleus putri berlangsung pada telofase, sedangkan kromatid terpisah pada anafase.
  4. Pada awal anafase, hanya ada satu kelompok kromatid kakak diatur dalam garis tengah sel. Sebaliknya, pada awal telofase, ada dua kelompok kromatid adik di kutub sel.
  5. aparatus gelendong hadir pada anafase, sedangkan menghilang pada telofase.

Sumber: Darisini

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …