PENGERTIAN KOMPETEN DAN KOMPETENSI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian kompeten adalah

berwewenang berkuasa (memutuskan, menentukan) sesuatu.
cakap (mengetahui).

Sedangkan pengertian kompetensi adalah

mempunyai kemampuan dalam menguasai tata bahasa suatu bahasa secara abstrak atau batiniah.
kewenangan (kekuasaan) untuk menentukan (memutuskan sesuatu);

Keduanya diadaptasi dari bahasa Inggris competent dan competence. Kompeten merupakan kata sifat, sedangkan kompetensi merupakan kata benda.

Meski keduanya dapat dipetukarkan istilahnya dalam pemakaian umum, kompeten berbeda dengan kompetensi. Kravetz mengatakan kompetensi adalah sesuatu yang seseorang tunjukkan di tempat kerja setiap hari yang mencakup perilaku, bukan sifat-sifat kepribadian maupun keterampilan dasar yang ada di dalam ataupun di luar tempat kerja.

Dengan demikian, kompetensi mencakup melakukan sesuatu, bukan hanya pengetahuan yang pasif. Seorang mungkin pandai, namun jika mereka tidak menggunakan kepandaiannya tersebut ke dalam perilaku yang efektif, kepandaian tersebut akan menjadi tidak berguna. Kompetensi tak hanya untuk mengetahui apa-apa saja yang harus dilakukan, melainkan juga berencana untuk melakukan atas apa yang telah diketahui.

Kompetensi tidak hanya mengetahui apa yang harus dilakukan, tetapi melakukan apa yang diketahui.

Kompetensi adalah keterampilan, pengetahuan, sikap dasar serta nilai yang dicerminkan ke dalam kebiasaan berpikir dan bertindak yang sifatnya berkembang, dinamis, kontinyu (terus menerus) serta dapat di raih setiap waktu. Kebiasaan berpikir serta bertindak dengan konstan, konsisten dan dilakukan secara terus-menerus akan membuat seseorang menjadi kompeten.

Gordon (1988 : 109) menjelaskan beberapa dimensi yang terkandung dalam konsep kompetensi adalah sebagai berikut :

  • Understanding atau pemahaman, yaitu kedalaman kognitif yang dimiliki oleh seseorang
  • Skill atau kemampuan, yaitu sesuatu keterampilan ataupun bakat yang dimiliki oleh individu untuk melakukan pekerjaan yang dibebankan kepadanya.
  • Knowledge atau pengetahuan, yaitu kesadaran dalam bidang kognitif, yang berarti mengetahui apa yang harus diperbuat.
  • Interest atau minat, yaitu kecenderungan seseorang yang tinggi terhadap sesuatu atau untuk melakukan sesuatu perbuatan.
  • Attitude atau sikap, yaitu reaksi seseorang terhadap rangsangan yang datang dari luar, misal; rasa senang, suka atau tidak suka.
  • Value atau nilai, yaitu suatu standar perilaku atau sikap yang dipercaya secara psikologis telah menyatu dalam diri seseorang.

Jadi jika diartikan secara istilah, definisi kompeten adalah kecakapan atau ketrampilan yang dimiliki seseorang dalam bidangnya, sedangkan pengertian kompetensi adalah kemampuan yang ada pada diri seseorang untuk menunjukkan dan mengaplikasikan ketrampilannya tersebut di dalam kehidupan nyata.

Check Also

How To, Tutorial

How To Get FREE ROBUX?

hey how is it going bras my name is joe, in today’s video i’m going …