Pengertian Fakta dan Opini

Apa itu fakta? Fakta adalah hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi (nyata keberadaannya). Dalam pengertian yang lebih lengkap, fakta adalah hal, peristiwa, keadaan, atau sesuatu yang merupakan kenyataan yang benar-benar ada atau terjadi. Fakta menunjukkan suatu kebenaran informasi, artinya hal atau peristiwa tersebut terbukti benar-benar ada. Dalam bahasa Indonesia, fakta adalah pernyataan yang tak terbantahkan kebenarannya. Pernyataan itu berupa kalimat yang ditulis berdasarkan kenyataan, peristiwa, atau keadaan yang benar-benar terjadi secara objektif. Objektif berarti dapat ditangkap oleh indra dan mengandung kepastian. Ciri-ciri fakta adalah sebagai berikut:
  • Benar-benar ada, terjadi, dan ada buktinya.
  • Merupakan jawaban dari pertanyaan: apa, siapa, kapan, di mana, atau berapa.
  • Menunjuk pada suatu benda, orang, waktu, tempat, peristiwa, atau jumlah tertentu.
Sedangkan, apa itu opini? pengertian opini adalah hasil anggapan, pemikiran, atau perkiraan orang, baik secara individu maupun kelompok. Namun, opini bukan sesuatu yang mangada-ada atau khayal. Sumber opini adalah fakta, hasil pemikiran itu sangat dipengaruhi unsur pribadi yang sangat subjektif. Oleh karena itu kebenaran opini sangat relatif. Ciri-ciri opini adalah sebagai berikut:
  • Opini tidak atau belum pasti. Hal ini ditandai dengan penggunaan kata-kata, seperti barangkali, mungkin, bisa jadi, boleh jadi, kira-kira, atau diperkirakan.
  • Bersifat pengandaian. Kata yang biasa digunakan misalnya andaikan, seandainya, kalau, jika, jikalau, bila, bilamana, asal, atau asalkan.
  • Pernyataan yang berupa saran, nasihat, atau usul. Kata yang digunakan biasanya kata keterangan, misalnya sebaiknya, alangkah baiknya, seharusnya, sesungguhnya, atau sebenarnya.
  • Pernyataan yang mengadung subjektivitas pribadi. Kata yang digunakan, misalnya ingin, akan, mau, terasa atau mampu.
  • Menyatakan hubungan sebab akibat.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …