PENGERTIAN INSTRUKSI

Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu pernah mendapat atau memberikan instruksi. Misalnya karyawan yang mendapatkan instruksi dari atasan mengenai pekerjaan yang sedang dilaksanakan. Atau para menteri yang mendapat instruksi dari presiden mengenai pelaksanaan suatu kebijakan atau keputusan presiden. Instruksi tidak terbatas dalam bidang pekerjaan saja, dalam kehidupan siswa di sekolah, peneliti di laboratorium, dan lain sebagainya mereka juga berhubungan dengan instruksi. Seperti siswa yang mendapat arahan dari gurunya mengenai pelaksanaan ujian akhir atau instruksi kerja yang harus diikuti oleh para peneliti yang bekerja di laboraturium agar penelitian dapat dikerjakan dengan aman.

Apa sebenarnya definisi instruksi itu? Apakah semua perintah dapat dikatakan sebagai instruksi ? Jika merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia pengertian instruksi adalah arahan, perintah, atau petunjuk dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau tugas. Instruksi hendaknya disampaikan dengan jelas sehingga penerima instruksi dapat memahami dan melaksanakannya dengan baik. Bisa dibayangkan jika seorang atasan memberikan instruksi mengenai penggunaan peralatan baru kepada karyawannya dengan sekedarnya saja sehingga si karyawan kurang memahami penggunaan alat tersebut. Alat tersebut bisa rusak sehingga pekerjaan menjadi terhambat.

Selain berupa penyampaian arahan atau perintah, instruksi juga merupakan penyampaian pengertian dan pengetahuan kepada orang lain sehingga orang tersebut memiliki kecakapan sesuai dengan yang diinstruksikan agar tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Selain tercapainya tujuan, dalam pemberian instruksi juga perlu diperhatikan proses penerimaan instruksi. Bagaimana orang yang menerima instruksi memahami dan mengembangkan nalarnya terhadap apa yang diinstruksikan.

Suatu instruksi dapat diberikan baik secara lisan maupun tulisan. Contohnya seperti instruksi presiden yang terkadang dibuat dalam bentuk surat atau bisa juga disampaikan secara langsung ketika rapat atau ketika menyampaikan pidato.

Agar instruksi dapat dipahami dengan baik maka pemberian instruksi juga dapat dilakukan dengan alat bantu. Seperti instruksi keselamatan yang diperagakan pramugari atau pramugara di pesawat terbang. Mereka menggunakan alat peraga seperti baju pelampung, masker oksigen, dan sabuk pengaman agar para penumpang memahami bagaimana menggunakannya ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pengertian instruksi kerja adalah dokumen yang mengatur secara jelas dan rinci mengenai urutan suatu kegiatan yang melibatkan hanya satu jabatan atau satu unit kerja sebagai pelaksananya. (Arini T : 2014)

Pengertian instruksi komputer adalah sekumpulan intruksi yang dibuat dan diproses melalui komputer yang berasal dari bit kemudian diubah menjadi field dan kemudian menjadi bentuk hasil akhir yang dapat dipergunakaan oleh user. Arti instruksi komputer juga bisa bermakna satu set langkah-langkah atau dokumentasi yang berisi informasi tentang cara mengoperasikan, melakukan, atau memelihara perangkat lunak & perangkat keras komputer.

Pengertian instruksi menteri adalah suatu naskah dinas resmi yang isinya berupa perintah dari Menteri kepada para bawahannya untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu dalam pemerintahan.

Pengertian instruksi presiden adalah suatu bentuk peraturan kebijakan yang bukan merupakan peraturan perundang-undangan biasa yang dikemas dalam berbagai macam bentuk dokumen tertulis yang sifatnya menuntun, membimbing, memberi arah kebijakan serta mengatur suatu pelaksanaan pekerjaan atau tugas tertentu. Bentuk instruksi presiden (inpres) ini antara lain adalah :

  • Surat edaran
  • Jutlak (petunjuk pelaksanaan)
  • Juknis (petunjuk teknis)
  • Instruksi / surat perintah
  • TOR (Term of Reference) / kerangka acuan
  • Guide (buku panduan)
  • Desain kerja dsb

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …