Pengertian, Jenis, Contoh Kalimat Majemuk

Secara umum, pengertian kalimat majemuk adalah kalimat yang mengandung dua pola kalimat atau lebih. Kalimat majemuk disebut juga kalimat luas atau kompleks. Kalimat majemuk dapat juga diartikan sebagai kalimat yang terdiri dari dua klausa. Kalimat majemuk gampang dikenali dari ciri-ciri khususnya, yaitu; mengandung penggabungan atau perluasan, perluasan itu membentuk pola kalimat yang baru, terdapat perubahan intonasi, dan terdapat lebih dari satu subjek dan predikat. Kalimat majemuk terbagi menjadi beberapa jenis yaitu kalimat majemuk setara, kalimat majemuk bertingkat, dan kalimat majemuk campuran. Berikut ini jenis-jenis kalimat majemuk dan contohnya:

Kalimat majemuk setara (koordinatif)
Kalimat majemuk setara adalah suatu kalimat luas yang antara pola kalimatnya mempunyai kedudukan yang sama (setara). Kalimat ini dibentuk dengan menggabungkan kalimat tunggal. Kalimat majemuk ini biasanya ditandai dengan kata penghubung dan, lagi, atau, tetapi, melainkan, sedangkan, bahkan, dan malahan. Contoh kalimat majemuk setara:
  • Kakek pergi ke Medan dan nenek di rumah. Struktur kalimat ini adalah: Kakek; nenek = Subyek (S); pergi; di rumah = Predikat (P); ke Medan = Keterangan (K).
  • Hendra membaca komik, sedangkan Dani menonton TV. Struktur kalimat ini adalah: Hendra; Dani = Subyek (S); membaca, menonton = Predikat (P); komik, TV = Obyek (O).

Kalimat majemuk bertingkat

Kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat tunggal yang salah satu unsurnya diperluas sehingga membentuk pola baru. Di dalam kalimat majemuk bertingkat dikenal klausa bawahan (anak kalimat) dan klausa atasan (induk kalimat). Letak klausa atasan tidak selalu harus di depan, tetapi juga dapat di belakang. Contoh kalimat majemuk bertingkat:
  • Kebakaran terjadi ketika penduduk tertidur pulas.
  • Ketika penduduk tertidur pulas, kebakaran terjadi.

Kalimat majemuk campuran

Kalimat majemuk campuran adalah penggabungan kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat. Contoh kalimat majemuk campuran:
  • Indonesia negara agraris, tetapi Indonesia menghadapi kendala serius dalam hal musim sehingga swasembada beras tidak tercapai.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …