PENGERTIAN LAUNDRY LIST

Pengertian laundry list adalah daftar yang berisi informasi mengenai jumlah dan jenis cucian tamu yang akan dilaundry.

Laundry list dibuat dengan tujuan mempermudah pekerjaan pihak laundry dan menjaga keamanan cucian yang sedang dilaundry. Laundry list pada umumnya digunakan di dalam industri perhotelan yang sekaligus menyediakan jasa laundry bagi para tamu mereka. Hal ini bertujuan untuk menjaga kenyamanan para tamu selama menginap di hotel tersebut.

Beberapa poin di bawah ini adalah keuntungan yang didapatkan dengan pengadaan sebuah laundry list di dalam usaha jasa laundry:

  • Menjaga keamanan pakaian para pelanggan.
  • Mencegah adanya pakaian yang tertukar dan hilang tanpa sepengetahuan petugas laundry.
  • Mencatat jumlah dan segala jenis pakaian yang dilaundry serta informasi mengenai tanggal masuk dan ke luar pakaian tersebut dari bagian laundry.

Pengadaan jasa laundry di dalam hotel merupakan satu hal yang sudah biasa dan hampir semua hotel menyediakan layanan tersebut sebagai bentuk jasa dan biaya yang terpisah dari layanan menginap yang kita bayarkan. Namun pada beberapa hotel tertentu, jasa laundry terkadang telah masuk dalam layanan yang kita bayarkan saat menginap di sana.

Di dalam prakteknya, sebuah hotel biasanya menyediakan 2 jenis jasa laundry sekaligus, di mana hal ini dibedakan berdasarkan jenis pengguna / asal cucian yang masuk dan menggunakan jasa laundry tersebut:

  • Cucian tamu yang tinggal di hotel

Cucian ini adalah cucian yang berasal dari penghuni kamar di dalam hotel atau orang yang menginap di dalam hotel tersebut.

  • Cucian tamu yang berasal dari luar hotel

Cucian ini berasal dari para pelanggan yang hanya menggunakan jasa laundry hotel saja tanpa menginap / menyewa kamar di hotel tersebut. Biasanya cucian ini akan diantarkan sendiri oleh para pelanggan tersebut ke hotel atau pihak hotel akan menjemput cucian tersebut ke agen-agen yang telah menjadi mitra kerja sama mereka dan hal yang sama juga berlaku di dalam prosedur pengembalian cucian tersebut.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …