PENGERTIAN PARSIAL

Istilah parsial bukanlah istilah yang umum kita gunakan sehari-hari. Istilah ini lebih banyak digunakan dalam bidang-bidang tertentu seperti matematika dan penelitian ilmiah. Secara bahasa pengertian parsial adalah sebagian dari suatu keseluruhan. Lawan kata parsial adalah total atau menyeluruh (simultan).

Kata simultan biasanya digunakan untuk menyebut sesuatu yang merupakan bagian dari keseluruhan. Misalnya kalimat : Pemeriksaan terhadap seluruh tersangka dilakukan secara parsial, ini berarti pemeriksaan dilakukan secara bertahap dimana sebagian tersangka diperiksa terlebih dahulu baru menyusul sebagian yang lain.

Gerhana merupakan fenomena alam yang terjadi ketika posisi bumi, matahari, dan bulan berada pada posisi satu garis lurus sehingga cahaya bulan atau matahari yang jatuh ke bumi terhalang sementara waktu. Jika posisi matahari, bumi, dan bulan tidak benar-benar berada dalam satu garis lurus maka peristiwa ini disebut gerhana parsial atau gerhana sebagian. Hal ini dapat terjadi baik pada gerhana matahari maupun gerhana bulan.

Gerhana parsial terlihat seperti bulan sabit dimana cahaya bulan atau matahari hanya tertutup sebagian. Gerhana parsial juga dapat terlihat pada saat gerhana total jika diamati di luar daerah yang terkena bayangan total. Contohnya saat gerhana matahari total pada tahun 2016 yang belum lama terjadi dimana masyarakat di beberapa daerah seperti Surabaya, Jakarta, dan Papua menyaksikannya sebagai gerhana matahari sebagian.

Dalam bidang matematika juga dikenal istilah turunan parsial yang berarti perubahan nilai suatu fungsi yang terdiri dari dua atau lebih variabel dengan cara menurunkannya satu persatu. Misalnya sebuah fungsi yang terdiri dari dua variabel x dan y. Untuk membuat turunan parsial fungsi tersebut terhadap variabel x maka variabel y dianggap sebagai konstanta, sebaliknya untuk membuat turunan parsial dari fungsi tersebut terhadap variabel y maka variabel x yang dianggap sebagai konstanta.

Istilah lainnya adalah kultivasi parsial yaitu pengolahan lahan pertanian hanya pada tempat-tempat tertentu sebagai persiapan untuk ditanami. Hal ini dilakukan salah satunya untuk tetap mempertahankan vegetasi asli lahan tersebut sementara ada jenis vegetasi baru yang akan dikembangkan. Vegetasi baru ini biasanya adalah tanaman yang sifatnya mudah beradaptasi dengan lingkungan sehingga hampir dapat dipastikan ia akan tumbuh dengan baik.

Kita juga mengenal parsial dan simultan dalam penelitian. Pengertian parsial dalam penelitian adalah pengujian untuk meneliti pengaruh dari tiap-tiap variabel independen terhadap variabel dependen yang pada umumnya menggunakan Uji T-statistik atau Uji Z-statistik.

Sedangkan pengertian simultan dalam penelitian adalah pengujian untuk meneliti pengaruh variabel secara keseluruhan terhadap variabel dependen yang pada umumnya menggunakan uji F-statistik.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …