PROJECT SHIELD: Perangkat Gaming Portable Berbasis Android dari NVIDIA

Jika sebelumnya hanya dikenal sebagai produsen chipset untuk kartu grafis dan prosesor perangkat bergerak, kini Nvidia kembali menambah portofolionya sebagai produsen perangkat game portable dengan Project Shield.

Bersamaan dengan diperkenalkannya Tegra 4 di ajang CES 2013, prosesor perangkat mobile yang diklaim terkencang saat ini, Nvidia memamerkan gadget Android yang didesain khusus untuk bermain game.

Untuk spesifikasi, Project Shield menggunakan prosesor Nvidia Tegra 4 quad-core dan Android Jelly Bean. Semua itu dikemas dalam sebuah perangkat dengan kontroler fisik yang sekilas mirip seperti kontroler Xbox dan layar sentuh 5 inci yang memiliki resolusi 720p.Di bagian bawah layar, terdapat speaker internal yang diklaim lebih baik dari perangkat game portable yang sudah ada. Nvidia juga menginformasikan ada beberapa game Android yang khusus dirancang untuk Project Shield seperti Arma Tactics, Blood Sword, Burn Zombie Burn, Dead Trigger 2, Real Boxing, Rochard dan lain-lain.

Jika merasa layarnya masih kecil, Anda dapat menghubungkannya ke TV melalui koneksi HDMI miliknya. Kelengkapan konektivitas lainnya juga cukup bagus, dengan adanya koneksi USB, slot microSD serta Wi-Fi 802.11n 2×2 MIMO. Mengingat sistem operasinya adalah Android, Anda juga dapat mengakses berbagai aplikasi lain yang ada di Google Play Store.

Tapi yang paling menarik adalah Big Picture Mode dari Steam. Dengan fitur ini, Anda bisa memainkan game PC di Shield. Spesifikasi komputer yang dibutuhkan minimal prosesor Intel Core i5, RAM 4GB, GPU Nvidia Kepler GeForce GTX 650 (desktop) atau GTX 660M (notebook) atau lebih tinggi, software GeForce Experience, OS Windows 7 atau lebih baru, Router Wi-Fi 802.11a/g/n (disarankan Dual Band/Mimo Router). Untuk saat ini, kebanyakan game PC yang dapat dimainkan di Shield adalah game yang sudah ada di Steam, tapi nantinya jumlah game yang didukung akan lebih banyak.

Project Shield awalnya akan tersedia di Amerika Serikat dan Kanada terlebih dahulu di kwartal 2 tahun 2013. Belum ada kabar mengenai harga dan ketersediaannya di Indonesia, tapi kami prediksinya Shield akan dipasarkan di kisaran 5 juta rupiah.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …