Pengertian Fase Siklus Sel

Sebuah fase siklus sel adalah tahap siklus terus menerus yang sebagian besar sel dalam tubuh mengalami. Pada setiap fase, berbagai kegiatan dapat berlangsung melibatkan struktur sel dan materi genetik.

Fase terjadi secara berurutan, dan dapat berlangsung hingga sehari untuk untuk menyelesaikan siklus. Sebagian besar waktu, sel dalam interfase, selama itu tidak membagi tetapi mengalami tahap pos pemeriksaan dan asam deoksiribonukleat (DNA) replikasi. Kromosom dan inti membelah selama mitosis, dan sel membelah menjadi dua dalam sub-tahap yang disebut sitokinesis.

Ini interfase dan fase miotic, ketika sel membelah, merupakan karakteristik dari semua sel dalam tubuh manusia, kecuali bagi mereka dalam sistem reproduksi. Sebagian besar waktu, pembagian tidak terjadi. Siklus ini biasanya didominasi oleh proses yang melibatkan pertumbuhan dan replikasi struktur intraseluler yang mendukung kromosom. Sebuah fase perantara setelah divisi meliputi pemeriksaan biologis untuk memastikan replikasi DNA dapat terjadi. Jika tidak, maka masa dormansi dapat berlangsung dari beberapa hari sampai bertahun-tahun.

Replikasi DNA terjadi selama periode sintesis yang disebut fase S. Ini adalah fase siklus sel di mana pertumbuhan sering berlanjut, sedangkan protein dan enzim untuk mereplikasi materi genetik diciptakan. Hitungan kromosom biasanya ganda dan kemudian fase perantara lain terjadi seperti DNA direplikasi diperiksa. Kesalahan dalam kode genetik dapat diperbaiki dan struktur yang disebut mikrotubulus direplikasi untuk mempersiapkan pembelahan sel. Selama fase ini, umumnya ada waktu untuk memperbaiki masalah dan memastikan kromosom digandakan dengan benar.

Kromosom tersebar dan biasanya tidak dapat dilihat di bawah mikroskop, sampai profase siklus sel dimulai. Sentriol adalah struktur dimana mikrotubulus direplikasi, dan dua dari ini biasanya menyebar dalam arah yang berlawanan. Kromosom menjadi terlihat selama profase juga, dan berbagai serat membentuk jaringan di sekitar sel, membentuk gelendong mitosis. Lainnya fase siklus sel adalah ketika membran inti menghilang sementara protein dan interkoneksi mikrotubulus. Struktur berserat kemudian berbaris melintasi inti selama metafase dan kemudian struktur yang disebut kinetochores menarik kromosom dari masing-masing pasangan ke sisi yang sesuai.

Setiap fase siklus sel memiliki kegiatan yang terpisah. Setelah terbentuk dua inti, kromosom menyebar dalam diri mereka. Pembagian terakhir adalah fase sampai mereka sendiri. Sebuah protein biasanya membentuk sebuah cincin di sekeliling posisi pembagian sel dan menutup sampai dua yang terpisah terbentuk.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …