Alat Sistem Pencernaan Manusia dan fungsinya

Makanan adalah bahan bakar kita, dan nutrisi yang memberikan sel tubuh kita energi dan zat yang mereka butuhkan untuk beroperasi. Tapi sebelum makanan dapat melakukan itu, harus dicerna menjadi potongan-potongan kecil tubuh dapat menyerap dan menggunakan.

Pengertian Nutrisi dan Pencernaan

Nutrisi mengacu pada kegiatan di mana makhluk hidup mendapatkan bahan baku dari lingkungan dan mengangkut mereka ke dalam sel mereka. Sel-sel memetabolisme bahan baku dan mensintesis komponen struktural, enzim, senyawa yang kaya energi, dan zat biologis penting lainnya. Semua elemen dan senyawa yang dibawa masuk ke sebuah makhluk hidup adalah nutrisi. Hewan, termasuk manusia, adalah organisme heterotrofik, dan nutrisi mereka terdiri dari molekul organik prabentuk. Molekul-molekul organik jarang datang dalam bentuk yang mudah berguna, sehingga hewan harus mengolah makanan menjadi bentuk yang dapat diserap. Pengolahan ini disebut pencernaan.

Sistem Pencernaan Manusia

Hampir semua hewan memiliki sistem pencernaan ‘sejenis tabung’ di mana makanan masuk ke mulut, melewati tabung panjang, dan keluar sebagai feses (kotoran) melalui anus. Otot polos pada dinding organ pencernaan berbentuk tabung berirama dan bergerak secara efisien melalui sistem makanan, di mana itu dipecah menjadi atom kecil dan molekul dan diserap. Selama proses penyerapan, nutrisi yang berasal dari makanan (termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) melewati saluran dalam dinding usus dan ke dalam aliran darah. Darah bekerja untuk mendistribusikan nutrisi ke seluruh tubuh. Bagian sisa makanan dari tubuh tidak dapat digunakan akan dilewatkan keluar dari tubuh sebagai tinja.

Setiap sepotong makanan yang kita makan harus dipecah menjadi nutrisi yang bisa diserap oleh tubuh, itulah sebabnya dibutuhkan waktu beberapa jam untuk sepenuhnya mencerna makanan. Pada manusia, protein harus dipecah menjadi asam amino, pati menjadi gula sederhana, dan lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Air dalam makanan dan minuman juga diserap ke dalam aliran darah untuk memberikan tubuh dengan cairan yang dibutuhkan. Sistem Pencernaan Manusia Terdiri dari:

Mulut

Mulut adalah awal dari saluran pencernaan. Bahkan, pencernaan dimulai di sini segera setelah Anda mengambil gigitan pertama makanan. Mulut dibentuk oleh pipi, bibir, lelangit keras dan lunak, dan lidah. Fungsi mulut adalah untuk menelan makanan, memulai digesti (pencernaan secara mekanis melalui mengunyah, secara kimiawi melalui enzim dalam air liur), dan meneruskan makanan ke faring. Gigi yang digunakan untuk menghancurkan dan menggiling makanan dan lidah menggerakan makanan saat mengunyah dan juga membantu dalam menelan makanan.

Kelenjar saliva

Sebagian besar air liur diproduksi oleh tiga pasang kelenjar ludah (parotis, submandibula, serta sublingual) di luar rongga mulut dan diangkut ke mulut melalui saluran ludah. Banyak kelenjar ludah minor (disebut kelenjar bukal) yang terletak di wilayah palatal dari rongga mulut. Selain mencerna makanan tertentu, air liur juga berfungsi sebagai pelarut dalam membersihkan gigi.

Tenggorokan (Faring)

Juga disebut faring, tenggorokan adalah tujuan berikutnya untuk makanan yang Anda sudah makan. Faring berfungsi sebagai lorong yang umum baik untuk saluran pernapasan dan sistem pencernaan. Ketika makanan meninggalkan faring, memasuki kerongkongan.

Faring seseorang terletak di bagian belakang tenggorokan, yang disebut sebagai rongga otot panjangnya sekitar 5 inci (12,7 cm). Amandel dan kelenjar gondok ditempatkan dalam faring. Dinding bagian dalam faring yang dilapisi dengan lapisan muscosal berfungsi membantu melewatkan makanan selama proses pencernaan. Ada tiga bagian dari faring yang disebut nasofaring , orofaring dan hipofaring , menurut lokasi mereka di sepanjang rongga.

Setelah makanan dimasukkan ke dalam mulut dan dikunyah, lidah mendorongnya ke belakang tenggorokan untuk ditelan. Faring bertindak untuk mendorong makanan oleh kontraksi otot yang memicu menelan. Makanan kemudian menuju kerongkongan, kemudian ke perut dan melalui usus kecil, di mana sebagian besar penyerapan nutrisi terjadi, sebelum lolos ke usus besar. Peran faring dalam sistem pencernaan adalah untuk membantu menjaga makanan di jalur melalui sistem pencernaan tidak membiarkan masuk ke tenggorokan.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …