Fungsi Lisosom

Lisosom juga memainkan fungsi penting lainnya dalam pemeliharaan sel, mulai dari memakan struktur usang dalam sel

Sebuah lisosom adalah struktur di dalam sel hewan yang memecah bahan menjadi senyawa yang dapat digunakan atau dibuang oleh sel, sesuai kebutuhan.

Lisosom juga memainkan fungsi penting lainnya dalam pemeliharaan sel, mulai dari memakan struktur usang dalam sel sampai menyerang bakteri asing sebelum ia memiliki kesempatan untuk menembus sel, menghancurkan senyawa yang bersifat karsiogenik atau bahkan melepaskan enzim saat pergantian tulang rawan dalam perkembangannya menjadi tulang keras. Dengan mikroskop yang kuat, adalah mungkin dapat melihat lisosom dalam sel, struktur ini biasanya berbentuk bulat.

Lisosom berasal oleh tunas yang lepas dari membran jaringan trans-Golgi, sebuah daerah dari kompleks Golgi yang bertanggung jawab untuk menyortir protein yang baru disintesis, yang dapat ditunjuk untuk digunakan dalam lisosom, endosomes, atau membran plasma. Lisosom kemudian menyatu dengan vesikel membran yang berasal dari salah satu dari tiga jalur: endositosis, autofagositosis, dan fagositosis.

Dalam endositosis, makromolekul ekstraseluler akan dimanfaatkan ke dalam sel untuk membentuk vesikel terikat membran disebut endosomes yang menyatu dengan lisosom. Autofagositosis adalah proses dimana organel lama dikeluarkan dari sel; mereka diselimuti oleh membran internal yang kemudian menyatu dengan lisosom. Fagositosis dilakukan oleh sel-sel khusus (misalnya, makrofag) yang menelan partikel ekstraseluler besar seperti sel-sel mati atau penyerbu asing (misalnya, bakteri) dan target mereka untuk degradasi lisosomal. Banyak produk dari pencernaan oleh lisosom, seperti asam amino dan nukleotida, didaur ulang kembali ke sel untuk digunakan dalam sintesis komponen seluler baru.

Struktur ini dianggap sebagai bentuk organel, yang berarti bahwa mereka adalah struktur yang sangat khusus di dalam sel. Organel bertanggung jawab untuk fungsi sel, mereplikasi ketika seharusnya, mati dan mati ketika tidak lagi berguna. Organisme kecil ini cukup kompleks, mengubah setiap sel menjadi mikrokosmos dari tubuh manusia. Ketika organel terjadi kerusakan, hasilnya bisa sangat bermasalah bagi organisme inang.

Setiap sel mengandung banyak lisosom, dan masing-masing lisosom menghasilkan berbagai macam enzim pencernaan yang digunakan untuk memecah bahan makanan dan limbah. Karena lisosom membutuhkan lingkungan asam untuk berfungsi dengan baik, organel ini dicakup dalam membran untuk memastikan bahwa mereka tetap asam, untuk mencerna sesuatu, lisosom akan menelan mereka, memperlakukan mereka dengan enzim yang sesuai, dan kemudian memuntahkan hasil pencernaan kembali untuk sel untuk digunakan.

Lisosom makan makanan yang dipasok ke sel-sel tubuh, memungkinkan daur ulang organel usang, mempertahankan sel-sel dari penjajah bakteri, dan patch membran sel, jika ada yang menerobos. Pada dasarnya, lisosom dapat dipandang sebagai pusat daur ulang sel, memastikan bahwa segala sesuatu yang melewati sel digunakan untuk efisiensi yang maksimum sementara membuang sesuatu yang tidak dapat benar-benar digunakan.

Christian de Duve mendapat penghargaan karena penemuan organel lisosom ini, ia yang diterbitkan dalam sebuah makalah tahun 1949 yang mengidentifikasi lisosom dan fungsi mereka. Berbagai kondisi kesehatan dapat disebabkan oleh fungsi yang tidak tepat dari lisosom. Misalnya, kegagalan untuk menghasilkan enzim pencernaan tertentu dapat menyebabkan masalah kesehatan, karena tubuh tidak memiliki kemampuan untuk memecahkan beberapa hal. Penyakit Tay-Sachs adalah contoh terkenal dari gangguan terkait  lisosom.

Perbedaan Antara Lisosom dan Peroksisom:

1. Lisosom mengandung hidrolase. Ini adalah komponen atau enzim yang bertanggung jawab untuk pencernaan. Peroksisom, di sisi lain, mengandung tiga enzim oksidatif seperti katalase, oksidase asam D-amino, dan asam urat oksidase.

2. Lisosom bertanggung jawab atas pencernaan sel sementara peroksisom bertanggung jawab untuk melindungi sel terhadap hidrogen peroksida.

3. Lisosom ditemukan pada tahun 1960 oleh Christian de Duve, sebuah cytologist Belgia. Mr Rhodin, di sisi lain peroksisom, pertama kali dijelaskan pada tahun 1954.

Penyakit penyimpanan lisosomal adalah gangguan genetik di mana mutasi genetik mempengaruhi aktivitas satu atau lebih dari hidrolisis asam. Dalam penyakit seperti, metabolisme normal makromolekul spesifik diblokir dan makromolekul mengumpul pada dalam lisosom, menyebabkan kerusakan fisiologis parah atau cacat. Sindrom Hurler, yang melibatkan cacat dalam metabolisme mukopolisakarida, adalah penyakit penyimpanan lisosomal.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …