Respirasi sel pada tumbuhan

Sel-sel pada tumbuhan dan hewan menggunakan respirasi selular sebagai alat konversi energi yang tersimpan dalam bahan kimia yang dikonsumsi sel individual.

Adenosin trifosfat (ATP) adalah makanan kimia yang digunakan semua sel. Tumbuhan pertama membuat gula sederhana melalui fotosintesis. Sel-sel individual kemudian memecah gula melalui respirasi sel.

Penyimpanan Makanan

Alasan tumbuhan membuat glukosa adalah bahwa itu adalah cara yang baik untuk menyimpan energi matahari yang dapat digunakan kemudian oleh tumbuhan.

Dilarutkan dalam air, glukosa mudah bagi tumbuhan untuk pindah ke semua komponennya – akar, daun, batang, buah, atau bunga. Tumbuhan ini menggunakan glukosa sebagai sumber energi untuk melakukan semua fungsi metabolik. Hal ini pada tingkat sel yang semuanya berubah.

Reaksi Kimia Secara keseluruhan

Secara Kimia, fotosintesis dan respirasi seluler semuanya berlawanan, meskipun keduanya harus terjadi untuk kelangsungan hidup tumbuhan. Selama fotosintesis, tumbuhan membangun glukosa dari sinar matahari, air dan karbon dioksida. Tumbuhan melepaskan oksigen sebagai produk sampingan selama fotosintesis. Saat sel-sel tumbuhan memecah molekul glukosa dan menciptakan ATP, mereka mengeluarkan air dan karbon dioksida sebagai produk sampingan dari respirasi selular. Tumbuhan menangkap kembali beberapa karbon dioksida dan air yang dikeluarkan oleh sel-sel dan mendaur ulang mereka untuk produksi glukosa.

Proses glikolisis

Seperti fotosintesis, reaksi kimia yang sebenarnya yang terjadi selama respirasi seluler adalah kompleks, dan mereka harus dilakukan setiap kali sel memiliki kebutuhan untuk mengkonsumsi ATP. Langkah-langkah pertama dalam reaksi respirasi seluler disebut glikolisis, dan mereka mengambil tempat dalam ketiadaan oksigen. Proses ini terjadi dalam sitoplasma sel, yang merupakan bahan gel yang terkandung di dalam sel tumbuhan individual. Sel membuat sejumlah kecil ATP selama glikolisis, tetapi alasan utama untuk langkah ini adalah penciptaan zat kimia perantara dari glukosa. Total semuanya ada sepuluh proses kimia yang terjadi selama glikolisis.

Respirasi aerobik

Tahap kedua dari respirasi selular dan penciptaan ATP bahkan lebih rumit dari glikolisis, melibatkan serangkaian lain dari reaksi kimia. Fase ini disebut respirasi aerobik, dan itu harus terjadi dengan adanya oksigen. Mengambang di dalam sitoplasma sel adalah organel kecil yang disebut mitokondria. Organel ini melakukan fungsi yang diperlukan untuk terjadinya respirasi aerobik. Mitokondria menggunakan enzim sebagai sarana memecah zat-zat kimia yang dibuat selama glikolisis.

Sel kemudian menyusun ulang atom yang dihasilkan menjadi molekul ATP. Sel membuat jaring dari dua molekul ATP dari setiap molekul glukosa. Terjadi peningkatan bersih ATP dalam proses ini karena respirasi sel itu sendiri menggunakan beberapa ATP sel.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …