Langkah awal untuk menentukan system belajar yang efektif

Belajar – Kata kata belajar memang sudah tidak akrab lagi di telinga kita, namun tidak jarang seorang pelajar, mahasiswa dan orang tua kesulitan dalam proses belajar itu sendiri. Disini saya akan memberikan sedikit Tips untuk mengoptimalkan system belajar.

Pada dasarnya Belajar adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan dalam proses penguasaan ilmu, baik itu ilmu agama, ilmu pendidikan umum dan ilmu ilmu yang lain. Namun, sebelum dan dalam proses belajar itu sendiri ada beberapa faktor yang harus dilakukan supaya suasana belajar kita jadi efektif.

1. Sebelum mulai belajar, aturlah mood yang menunjang untuk belajar. Oleh karena itu pilih waktu, lingkungan dan sikap yang tepat. Misalnya kalau kita merasa lebih nyaman belajar pakai musik yang lembut, siapkan saja beberapa lagu untuk diputar setiap kali kita belajar. Satu yang pasti, tempat kita belajar dan lampu penerangan harus mendukung supaya kita bisa betah belajar dan tidak terganggu.

2. Tandai semua bahan yang kurang dimengerti supaya bisa lebih fokus ketika belajar. Supaya tidak ada yang terlewat ketika belajar, tak ada salahnya mencatat poin-poin yang akan dipelajari.

3. Setelah mempelajari suatu topik tertentu, cobalah mengulang kembali yang telah dipelajari dengan kata-kata sendiri.

4. Bila masih ada topik yang tidak dimengerti, jangan sungkan – sungkan untuk mengulang topik tersebut. Carilah referensi dari beragam sumber, bisa dari buku pendukung lain atau mungkin orang lain yang lebih ahli dalam bidang tersebut seperti guru.

5. Setelah menguasai materi, jangan langsung buru-buru menutup buku, tapi cobalah untuk mengembangkan materi yang ada. Tujuannya supaya materi yang baru dipelajari bisa meresap benar ke pemahaman kita. Materi bisa langgeng di memori kita tanpa perlu menghapal 100%. Caranya :
– Buatlah pertanyaan atau kritik apa yang bakal kita sampaikan kalau seandainya kita bertemu langsung dengan pengarang atau penemu teori yang sedang dipelajari?
– Pikirkan bagaimana teori ini dapat diterapkan ke hal-hal yang sesuai dengan minat pribadi.
– Cobalah membuat informasi yang menarik buat orang lain tentang materi yang baru dipelajari itu.

6. Usahakan belajar sebelum tidur, (karena apabila belajar dilakukan sebelum tidur materi yang kita pelajari akan benar benar masuk di memori otak kita).

7. Belajar setelah bangun tidur (kenapa demikian?! Karena saat kita bangun dari tidur fikiran kita masih dalam kondisi normal dan masih belum terisi oleh memori memori peristiwa yang mengakibatkan kita mudah lupa).

Reference:

Di ambil dari berbagai sumber

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …