Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

(Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet) – Entah anda mencoba untuk menurunkan berat badan sebanyak 5 kg atau lebih dari 50 kg, prinsip yang sama akan berlaku untuk menentukan seberapa banyak dan seberapa cepat penurunan ini akan terjadi.

Dengan mengikuti panduan yang sederhana ini dan menerapkannya, akan mengarah pada penurunan berat badan tanpa membutuhkan bantuan dari program, buku, atau obat diet manapun.

Berat badan kita itu ditentukan oleh dua faktor, yaitu jumlah energi yang kita dapat dari makanan, dan jumlah energi yang kita keluarkan dalam aktivitas sehari-hari. Dan energi ini diukur dalam satuan kalori.

Jika berat badan anda tetap konstant, berarti mungkin kalori anda konsumsi sama dengan kalori yang anda bakar setiap hari. Jika berat badan anda bertambah secara bertahap, berarti kemungkinan jumlah kalori yang anda konsumsi lebih besar dibanding yang anda bakar melalui aktivitas sehari-hari.

Semua orang bisa mengontrol jumlah makanan yang dimakannya setiap hari. Jadi, jumlah kalori yang dikonsumsi adalah sesuatu yang bisa kita kontrol. Biasanya, kita juga bisa mengontrol jumlah energi yang kita keluarkan, atau jumlah kalori yang kita bakar setiap hari.

Jumlah kalori yang kita bakar setiap hari akan tergantung dari:
Basal Metabolic Rate (BMR), jumlah kalori yang kita bakar per jam untuk mempertahankan fungsi-fungsi tubuh
Level aktivitas fisik.

Bagi sebagian orang, akibat dari faktor genetik atau kondisi lain, Resting Metabolic Rate (BMR) mereka bisa sedikit lebih tinggi atau rendah dibanding rata-rata orang.

Berat badan kita juga akan menentukan berapa banyak kalori yang kita bakar saat beristirahat. Semakin tinggi berat badan anda, maka semakin banyak kalori yang dibutuhkan untuk mempertahankan tubuh dalam kondisi ini.

Misalnya, seseorang yang punya berat badan 50 kg akan membutuhkan energi yang lebih sedikit dibanding orang yang punya berat badan 80 kg.

Gaya hidup dan kebiasaan dalam bekerja juga akan menentukan berapa banyak kalori yang kita butuhkan setiap hari. Seseorang yang pekerjaannya melibatkan aktivitas fisik yang intens, secara natural akan membakar lebih banyak kalori setiap hari, dibanding seseorang yang sebagian besar waktunya dihabiskan di depan meja.

Untuk orang-orang yang pekerjaannya tidak membutuhkan aktivitas fisik yang intens, maka mereka  bisa meningkatkan jumlah kalori yang dibakar dengan cara berolahraga atau meningkatan level aktivitas fisik.

Sebagai perkiraan kasar, wanita yang berusia 31-50 tahun dengan gaya hidup yang kurang aktif, rata-rata memerlukan sekitar 1.800 kalori per hari, untuk mempertahankan berat badan normal. Sedangkan untuk pria, dengan rentang usia yang sama, membutuhkan sekita 2.200 kalori.

Jika mereka berpartisipasi dalam aktivitas fisik dalam tingkat menengah (berolahraga 3 – 5 kali seminggu) akan membutuhkan sekitar 200 kalori tambahan per hari.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …