Beberapa Zaman dalam Zaman Manusia Purba

Beberapa Zaman dalam Zaman Manusia Purba Zaman azoikum, Zaman paleozoikum, Jaman mesozoikum, Jaman neozoikum, Zaman Paleolitik. Perkembangan bumi dari awal terbentuknya sampai dengan sekarang, terbagi menjadi beberapa jaman yaitu:

Manusia Purba di Zaman azoikum (tidak ada kehidupan)
Jaman ini berlangsung sekitar 2500 juta tahun, keadaan bumi masih belum stabil dan masih panas karena sedang dalam proses pembentukan. oleh karena itu pada jaman ini tidak ada tanda-tanda kehidupan.

Manusia Purba di Zaman paleozoikum (kehidupan tertua)
Jaman ini berlangsung sekitar 340 juta tahun, keadaan bumi masih belum stabil dan masih terus berubah. Akan tetapi menjelang akhir dari jaman ini mulai ada tanda-tanda kehidupan yaitu dari hewan bersel satu, hewan kecil yang tidak bertulang belakang, jenis ikan, amphibi, reptil dan beberapa jenis tumbuhan ganggang. Karena itulah maka jaman ini dinamakan pula dengan jaman primer (jaman kehidupan pertama).

Manusia Purba di Jaman mesozoikum (kehidupan pertengahan)
Jaman ini di perkirakan berlangsung sekitar 140 juta tahun, pada jaman ini kehidupan telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pohon-pohon besar muncul, amphibi mengalami perkembangan, bahkan jenis reptil mencapai bentuk yang sangat besar sekali seperti dinosaurus tyrannosaurus, brontosaurus , atlantosaurus.
Ada pula jenis reptil yang memiliki sayap dan dapat terbang selama berjam-jam , jenis ini dinamakan dengan pterodon. Jaman ini dinamakan jaman sekunder (kehidupan ke-2), ada pula yang menyebut jaman ini dengan istilah jaman reptil, karena jenis hewan di dominasi oleh reptil dengan bentuk yang sangat besar. Pada akhir jaman ini mulai muncul jenis mamalia.

Manusia Purba di Jaman neozoikum (kehidupan muda)
Jaman ini di perkirakan berlangsung sekitar 60 juta tahun , jaman ini terbagi lagi menjadi jaman tersier (kehidupan ke-3) dan quarter (kehidupan ke-4) . pada jaman ini keadaan bumi telah membaik, perubahan cuaca tidak begitu besar dan kehidupan berkembang dengan pesat.

Manusia Purba di Zaman Paleolitik
Zaman Paleolitik telah bermula kira-kira antara 40 000 hingga 35 000 tahun dahulu. Ia juga dikenali sebagai Hoabinh. Pada Zaman ini, manusia hidup secara nomad atau berpindah-randah. Mereka tinggal di dalam gua atau pondok yang diperbuat daripada ranting dan rumput untuk melindungi diri daripada binatang liar atau cuaca buruk. Mereka melukis gambar-gambar pada dinding gua dalam melahirkan idea atau perasaan mereka.

Mereka akan bergerak secara kumpulan yang kecil untuk mencari makanan dengan cara memburu binatang, menangkap ikan dan mengutip hasil hutan sebagai makanan harian mereka. Mereka menggunakan batu, kayu dan tulang binatang sebagai peralatan memburu manakala kulit binatang pula sebagai pakaian mereka. Selain daripada itu, mereka jugak telah pandai menggunakan api untuk memasak, memanaskan badan dan menakutkan binatang dari mengganggu penempatan mereka.

(Materi ini hanyalah sekedar untuk perbandingan, disarankan pembaca mencari materi lain seputar Zaman Manusia Purba untuk menemukan artikel yang lebih tepat)

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …