Pemkab Blitar Akan Intensif Lakukan Pembinaan Petani Kopi dan Kakao

Pembinaan petani kopi dan kakao

Pembinaan petani kopi dan kakao – Pemerintah Kabupaten Blitar di tahun 2019 ini bakal intensif memberikan pembinaan kepada petani kopi dan kakao. Hal ini dilakukan karena komoditas ini diprediksi bakal memiliki nilai jual tinggi jika dirawat dengan baik dan memiliki hasil yang unggul.

Pemerintah Kabupaten Blitar di tahun 2019 ini bakal intensif memberikan pembinaan kepada petani kopi dan kakao. Hal ini dilakukan karena komoditas ini diprediksi bakal memiliki nilai jual tinggi jika dirawat dengan baik dan memiliki hasil yang unggul.

“Selama ini pembinaan kepada petani kopi dan petani kakao masih belum maksimal. Padahal, Kabupaten Blitar berpotensial besar menghasilkan 2 komoditas tersebut, sebab hampir semua wilayah di Kabupaten Blitar memiliki petani kakao, sedangkan petani kopi tersebar di beberapa daerah yang berada di lereng gunung seperti Kecamatan Nglegok, Gandusari, Doko, Kesamben, Selorejo dan lain lain,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar Wawan Widianto pada hari Jumat (15/02/2019).

Wawan Widianto menambahkan bahwa akan ada pembinaan yang dilakukan dengan melibatkan berbagai instansi terkait lainnya, lebih menfokuskan tentang cara perawatan, pengolahan dan lain lain agar bisa menghasilkan komoditas yang bagus dan memiliki nilai jual tinggi. Selain itu, pembinaan ini juga akan dilakukan secara bertahap.

“Jika komoditas kakao dan kopi yang dihasilkan bagus, maka nantinya berdampak pada pendapatan dari petani tersebut, karena akan ada nilai tambah dalam penjualan dua komoditas ini,” tutur Wawan Widianto.(RIZ-Diskominfo)

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …