Home » Travel » Pantai Kresek dan Pantai Banteng Mati (Mbanteng) Blitar
Pantai Kresek dan Pantai Banteng Mati (Mbanteng) Blitar Pantai Kresek dan Pantai Banteng Mati (Mbanteng) Blitar

Pantai Kresek dan Pantai Banteng Mati (Mbanteng) Blitar

Pantai adalah salah satu destinasi wisata yang paling diburu, namun keberadaan pantai saat ini masih banyak yang diketahui oleh orang, salah satunya adalah Pantai Banteng Mati yang disebut juga Pantai Mbanteng atau Pantai Kresek. Pantai banteng mati di Blitar menjadi salah satu destinasi Wisata di Blitar yang paling diburu, karena pantai ini adalah sebuah pantai yang terletak di desa Tambakrejo dusun Sidorejo kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Pantai banteng mati ini tergolong sangat alami serta memiliki karakteristik ombak yang sangat besar karena masih dalam jajaran pantai selatan jawa. Berjarak 5 km dari pantai tambak rejo. Pantainya sangat alami terlihat dari bersihnya pasir pantainya yang bebas dari sampah serta beningnya air laut yang sangat menyejukkan mata saat di pandang.

Letak Pantai Banteng Mati (Pantai Kresek)
Letaknya sangat terpencil dan bisa di bilang sangat tersembunyi serta cara menuju kepantai banteng mati. Untuk menuju Pantai Kresek dan Pantai Mbanteng anda dapat mengikuti rute menuju Pantai Tambakrejo dan Pasir Putih. Dari jalan desa menuju pantai Pasir Putih lanjutkan perjalanan menuju Desa Sidorejo. Setelah melewati batas desa anda akan menjumpai sebuah jembatan, di timur jembatan terdapat pematang sawah yang mengarah ke pantai.

Pantai Banteng Mati masih benar-benar alami, belum ada toilet, kamar ganti, atau fasilitas umum lainnya. Oleh karenanya sangat disarankan bagi kalian untuk mempersiapkan diri, baik fisik maupun kendaraan. Jangan lupa membawa bekal seperti makan dan minum bila dirasa perlu.

Jarak Pantai Banteng Mati (Pantai Kresek) dari Kota Blitar
Berjarak 38 km dari Kota Blitar dan dapat di tempuh selama 1 jam perjalanan. Dari Kota Blitar dapat mengikuti arah ke selatan menuju Kecamatan Kademangan, lalu ikuti arah ke Pantai Tambakrejo karena pantai itu adalah pantai terdekat dengan banteng mati. Sebelum 1 km sebelum pantai tambakrejo terdapat pertigaan yang ditandai dengan pertigaan tersebut tengahnya terdapat pohon beringin, selanjutnya ambil jalur kiri dan ikuti jalan itu melewati area pesawahan serta perkampungan warga, tapi Anda harus wajib bertanya warga karena di area perkampungan terdapat beberapa pertigaan, dan perlu diingat karena bukan objek wisata, arah menuju ke pantai banteng mati ini tidak akan kita temukan dimanapun. Selama perjalanan menuju pantai banteng mati jangan ragu-ragu untuk bertanya bertanya karena warganya sangat ramah dan sopan.

Perbedaan Pantai Banteng Mati Timur dan Barat

Kedua Pantai Banteng Mati memiliki ciri khasnya masing-masing, bagian banteng mati timur mempunyai bentuk yang melengkung dengan seluruh permukaan pantainya ditutupi pasir.  Pantai banteng mati barat sedikit berbeda. Pantai ini memiliki hamparan pantai yang panjang, namun tak seluruh permukaanya berpasir. Hampir separuh dari permukaan Pantai Banteng Mati barat tertutup oleh batu karang. Uniknya karang-karang tersebut ditumbuhi lumut hijau, sehingga tampak seperti zamrud saat dilihat dari kejauhan.

Pantai Banteng Mati Barat

Pantai Banteng Mati Barat

Comments