Memaknai Hari Lanjut Usia Nasional, Bupati Blitar Apresiasi Prestasi Lansia Via Komdalansia

BLITAR KAB – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar hari ini, Selasa (29/10/2019) bersuka ria bersama Lansia (Lanjut Usia) Kabupaten Blitar memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2019, yang dilaksanakan di Taman Idaman Hati, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

Ratusan lansia Kabupaten Blitar tumpah ruah mengikuti kegiatan itu yang diawali dengan senam santai, dan dilanjutkan kegiatan menarik selanjutnya.

Bupati Blitar Drs. H. Rijanto yang juga hadir dalam acara ini mengatakan, apresiasi yang tinggi patut disematkan untuk lansia di Kabupaten Blitar, khusunya yang tergabung dalam organisasi Komdalansia (Komisi Daerah Lanjut Usia). Dijelaskannya, melalui Komdalansia, para lansia Kabupaten Blitar menjadi lebih produktif mengisi hari masa tua yang semakin senja.

Komdalansia, kata Bupati Rijanto, didalamnya terisi perkumpulan organisasi kemasyarakatan lansia seperti Yayasan Gerontologi Abiyoso (YGA), PWRI, Veteran dan Peta. Di dalam Komdalansia, para lansia memiliki kesibukan di berbagai bidang seperti jahit menjahit, membuat aneka kue dan kegiatan inovatif lain hasil binaan Pemkab Blitar.

Tidak berhenti disitu, lanjut Rijanto, beberapa waktu terakhir, perkumpulan lansia yang tergabung di Gerontologi Abiyoso menjadi juara umum dalam ajang Gerontologi Abiyoso Karangperda tingkat Jawa Timur.

“Semua organisasi sosial kemasyarakatan lansia itu masuk Komdalansia. Disinilah kita akhirnya bisa memperhatikan mereka-mereka kegiatannya kita backup. Prestasi-prestasi nampaknya cukup bagus, seperti tadi yg saya sampaikan lomba Gerontologi Abiyoso Karang werda, ini juara satu Jawa Timur, lalu desa Karangsono juara 1 Jatim,” kata Bupati Rijanto.

Melalui Komdalansia Kabupaten Blitar yang diketuai oleh Wakil Bupati Blitar, sambungnya, Pemkab Blitar terus memastikan kegiatan lansia akan terus dilakukan pembinaan supaya produktif. Kedepan, Bupati Rijanto berharap lansia Kabupaten Blitar terus eksis dan berkontribusi positif bersama Pemkab Blitar untuk membangun Kabupaten Blitar yang lebih baik, dengan memfungsikan program kerja pemerintah.

“Kita akan terus mendampingi kegiatan-kegiatan mereka. Karena tanpa sadar, mereka sudah membantu program-program pemerintah daerah dengan inovasi, dengan menjahit, bikin jajan dan kerajinan yang lainnya itu, menunjukkan lansia di Kabupaten Blitar masih aktif dan besar dalam rangka untuk membangun kabupaten Blitar. Saya harapkan lansia tetap dalam prinsip tua, sehat, berguna serta bermartabat,” tukas Rijanto.

Check Also

Pengertian dan Arti Konfigurasi

Pengertian dan Arti Konfigurasi – Konfigurasi adalah istilah yang sering digunakan di dunia teknologi informasi …