Pengertian, Tujuan dan Manfaat Middleware

Apa itu middleware?

Pengertian Middleware adalah perangkat lunak komputer yang memberikan layanan untuk menghubungkan bagian-bagian berbeda dari sebuah aplikasi dengan sistem operasi. Middleware umumnya digunakan dalan sistem terdistribusi untuk memudahkan pengembang perangkat lunak dalam melakukan komunikasi input/output.

Pada umumnya, middleware adalah authentication, untuk mengecek apakah seseorang yang mengakses suatu web sudah log-in dan memiliki hak akses atau belum. Contohnya pada laravel, authentication terletak di middleware. Tujuan utama dari middleware adalah agar controller fokus dalam menyelesaikan logika alur bisnis dari suatu flow aplikasi tanpa harus untuk melakukan hal-hal di luar itu seperti validasi input untuk setiap flow. Jadi ketika data yang masuk ke controller sudah dalam keadaan bersih dan sudah siap untuk diproses sesuai dengan alur bisnis dari aplikasi tersebut, dengan adanya middleware, kode-kode yang telah dibuat akan lebih reusable, maintainable dan readable.

Middleware khususnya di dunia web programming dapat diartikan sebagai suatu software layer yang berada di antara router dengan controller. Karena posisi dari middleware berada di antara router dengan controller, fungsi dari middleware rata-rata memiliki fungsi generik.

Tujuan Pengunaan Middleware

Middleware dapat digunakan untuk beberapa tujuan seperti:

  • Memberikan fasilitas untuk programmer supaya dapat mendistribusikan obyek akan dipakai pada beberapa bagian proses yang berbeda.
  • Sebagai interkoneksi ke beberapa aplikasi dan masalah interoperabilitas. Middleware menjadi sangat dibutuhkan untuk bermigrasi dari aplikasi mainframe ke aplikasi client/server dan juga untuk menyediakan komunikasi antar platform yang berbeda.

Manfaat Menggunakan Middleware

Middleware dapar memberikan manfaat tertentu seperti penjelasan dibawah ini:

  • Pada sistem yang terdistribusi maka dapat dijalankan 2 buah platform atau aplikasi secara bersamaan.
  • Dapat melakukan komunikasi pada aplikasi yang berjalan di platform berbeda.
  • Adanya transparansi pada seluruh jaringan sehingga dapat menyediakan interaksi dengan layanan atau aplikasi lainnya.

Dalam dunia teknologi informasi Middleware menjadi salah satu software yang dibuat untuk menghubungkan beberapa proses pada satu atau lebih mesin agar bisa saling berinteraksi di suatu jaringan.

Contohnya adalah seperti data customer yang harus dapat dibaca oleh bagian customer service dan akuntansi. Data hasil pengembangan tersebut bisa dibaca juga oleh bagian manajemen. Hal ini akan semakin terasa ketika suatu sistem tersebar sehingga menjadi semakin besar dan bervariasi.

Di sinilah aplikasi middleware memegang peranan penting, dengan adanya bantuan middleware maka data yang sama bisa digunakan oleh bagian customer service, akuntansi, pengembangan, dan manajemen sesuai dengan kebutuhan setiap bagian. Disini middleware bisa berfungsi sebagai penerjemah informasi sehingga setiap aplikasi mendapatkan format data yang dapat mereka proses.