Pengertian Tembang Sinom

Tembang sinom adalah tembang yang menjelaskan kehidupan manusia ketika memasuki usia remaja atau masa pubertas. Di masa inilah masa-masa pencarian jati diri dan mencoba untuk melakukan hal-hal baru, emosinya seringkali berubah dan memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi.

Di usia remaja, mereka akan senang mendengarkan kesenian yang menjadi salah satu teladan da panutan bagi dirinya. Sebab kebanyakan dari para remaja sekarang seringkali mengikuti hawa nafsu dalam hal negative, tanpa terkecuali menuruti hawa nafsu dengan lawan jenisnya. Oleh karena itu, dengan adanya tembang sinom, diharapkan para kaum muda mudi terselamatkan lewat nasihat yang disampaikan syair ini.

Arti LainTembang Macapat Sinom

Jika ditinjau dari asal kata, arti kata sinom adalah pucuk yang baru tumbuh dan bersemi. Sehingga isi tembang sinom menjelaskan tentang masa remaja dan memberi nasihat kepada kaulah muda

Selain itu, arti kata sinom sendiri sangat beragam dan bervariasi, salah satu pendapat menyatakan bahwa kata sinom berhubungan dengan kata sinoman yaitu perkumpulan para pemuda-pemudi untuk membantu orang yang sedang  punya hajat. Bahkan kata sinom juga merujuk pada daun pepohonan yang masih mudah (kuncup), sehingga seringkali diberi isyarat menggunakan lukisan daun muda.

Dalam bahasa Jawa sendiri, sinom merupakan jamu yang terbuat dari daun muda atau biasanya disebut dengan si enom yang artinya masih muda.

Check Also

Perkembangan Masyarakat serta Kebudayaan dan Pemerintahan Indonesia

Perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan sistem pemerintahan di Indonesia pada masa kolonial Eropa sangat dipengaruhi oleh …