Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Manfaat temulawak sudah terbukti sejak lama. Khasiat temulawak tersebut sudah dimanfaatkan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional China. Obat herbal ini juga banyak ditemukan dalam bentuk jamu temulawak. Tanaman dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza ini biasanya berbentuk silinder rimpang. Secara khusus, senyawa curcumin yang terdapat dalam ekstrak temulawak Herbalice dapat membantu Anda menjaga kesehatan sistem perncernaan.

Untuk memiliki sistem pencernaan yang sehat dan lancar, kita harus selalu mengonsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Namun, Anda tak perlu khawatir. Anda bisa mengonsumsi makanan yang Anda sukai sambil rutin mengonsumi Herbalice. Anda bisa makan apa saja, yang penting minum Herbalice. Hal itu karena mengonsumsi temulawak dapat membantu Anda menjaga kesehatan sistem pencernaan berkat kandungan serat dan curcumin di dalamnya. Mengonsumsi temulawak juga dapat membantu Anda yang sedang mengalami diare dan masalah pencernaan lainnya, seperti sembelit atau sulit buang air besar.

Selain memiliki sifat antioksidan, temulawak memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu tubuh mengatasi peradangan yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Antiinflamasi yang terkandung dalam temulawak dapat menyembuhkan luka yang dialami akibat goresan benda tajam atau terjatuh dari kendaraan bermotor. Temulawak dapat mengurangi peradangan yang terkadang dapat menyebabkan luka menjadi makin parah dan sulit sembuh.

Temulawak mengandung senyawa kurkuminoid yang juga bisa ditemukan pada kunyit. Senyawal ini berfungsi sebagai zat aktif anti peradangan dan merupakan obat antioksidan buat penangkal berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi temulawak, membantu tubuh untuk melawan berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Manfaat temulawak kedua yakni sebagai obat anti peradagangan. Tanpa peradagangan, patogen seperti bakteri dapat dengan mudah masuk ke tubuh dan menciptakan penyakit, Para peneliti bidang kesehatan percaya, peradagangan dalam tubuh jadi salah satu penyebab beberapa penyakit seperti kanker, alzheimer, dan jantung.

Khasiat temulawak rupanya juga berkaitan dengan fungsi otak. Senyawa kurkumin pada temulawak bisa memicu peningkatan kadar BDNF. BDNF adalah hormon yang membantu memperbaiki dan memperbanyak neuron dalam otak manusia. Neuoron mampu membentuk koneksi baru di area-area tertentu, sehingga manfaat temulawak bisa membantu mencegah penyakit alzheimer.

Check Also

How To, Tutorial

Bagaimana Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy?

Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy Reverse Proxy pada sistem operasi Linux bertindak sebagai penghubung antara …