Cara Membuat dan Memasak Ketupat Lebaran
Cara Membuat dan Memasak Ketupat Lebaran

Cara Membuat dan Memasak Ketupat Lebaran

Ketupat atau kupat adalah hidangan khas berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa (janur) yang masih muda. Ketupat sering dijumpai pada saat perayaan Idul Fitri (Lebaran), saat umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa.

Ketupat yang identik dengan sajian Lebaran pada umumnya masyarakat Indonesia membuat ketupat di akhir Ramadhan dan menyajikannya bersama hidangan sewaktu lebaran. Ketupat disajikan berbahan dasar beras dan dimasak dengan metode rebus. Bungkus ketupat terbuat dari daun kelapa muda atau biasa disebut janur kelapa yang dianyam dengan rapi.

Cara Memasak Ketupat adalah dengan merendam janur kelapa agar bulu halus hilang, ini merupakan salah satu cara membuat ketupat tidak lembek. Dimana bungkus ketupat yang telah dirangkai harus direndam dalam air lebih dulu. Selanjutnya, yang harus diperhatikan adalah seberapa banyak beras yang dimasukkan ke dalam bungkus ketupat. Komposisi beras dalam ketupat yang baik adalah menyesuaikan dari dimensi atau luasan ketupat itu tiga per empat.

Dalam mengolah ketupat, lebih bagus menggunakan proses memasak dengan kayu serta pakai kuali tanah liat. Dengan proses tersebut, diharapkan hasil dari olahan ketupat ini akan menjadi lebih lezat ketika dikonsumsi. Namun sayangnya, sekarang kuali tanah liat sudah mulai langka ditemukan sehingga pengolahan lebih banyak dilakukan dengan kompor gas.