Gubernur Jatim dan Bupati Blitar Tinjau Titik Kerusakan Akibat Bencana Gempa Bumi di Kabupaten Blitar

BLITAR KAB – Bupati Blitar Rini Syarifah mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau ke beberapa titik kerusakan yang diguncang gempa bumi berkekuatan 6,2 SR kemarin malam, (22/05/2021).

Mak Rini dan Gubernur Jatim pertama kali mengunjungi rumah warga yang beralamat di Desa Boro Kecamatan Selorejo dan Desa Jabung Kecamatan Talun Kabupaten Blitar menyalurkan bantuan sembako bagi warga yang terdampak gempa.

Mak Rini mengatakan berdasarkan laporan yang masuk dari Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD), hingga saat ini total keseluruhan bangunan rusak akibat bencana alam gempa bumi yang terjadi 21 Mei sebanyak 113 unit.

“Jumlah tersebut sifatnya masih sementara karena setiap saat datanya pasti berubah – ubah menyesuaikan laporan dari setiap wilayah. Kita upayakan, dua hari kedepan data kerusakan bangunan di Kabupaten Blitar tuntas dan selanjutnya kita laporkan ke pusat untuk proses pemberian bantuan,”terangnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah meminta masyarakat untuk selalu siaga dan waspada terhadap segala potensi bencana alam. Terlebih, wilayah pesisir Jatim masuk area ring of fire maka segala upaya seperti mitigasi kebencanaan harus dipersiapkan agar tidak sampai menimbulkan masalah baru.

“Saya menyarankan kepada warga supaya secara bertahap mulai beralih ke kontruksi bangunan tahan gempa karena pesisir selatan sudah ditetapkan sebagai area ring of fire jadi kalau bisa diantisipasi jauh hari. Selain itu, masyarakat juga dapat membentuk Kampung Siaga Bencana untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan,”tandasnya.

 

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …