Visitasi Lomba Perpustakaan Tingkat Desa di Desa Plosorejo, Kademangan, Kabupaten Blitar
Visitasi Lomba Perpustakaan Tingkat Desa di Desa Plosorejo, Kademangan, Kabupaten Blitar

Perpustakaan Samudra, Terima Visitasi Lomba Perpustakaan Tingkat Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Timur

Perpustakaan Samudra, Terima Visitasi Lomba Perpustakaan Tingkat Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Timur – Perpustakaan Samudra Pustaka berlokasi di Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Dalam visitasi tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Blitar.

Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso yang mendampingi tim visitasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur untuk melakukan penilaian Lomba Perpustakaan Umum Desa (Perpusdes) di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Senin (24/5/2021).

Dalam hal ini, Perpusdes Samudra Pustaka Desa Plosorejo sebagai wakil dari Kabupaten Blitar untuk lomba perpustakaan tingkat provinsi Jawa Timur. Sebab, Perpusdes Samudra Pustaka merupakan perpustakaan terbaik di Kabupaten Blitar setelah menjadi juara I lomba perpustakaan umum tingkat Kabupaten Blitar tahun 2020.

Dalam sambutanya, Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso mengatakan keikutsertaan Kabupaten Blitar dalam lomba perpustakaan desa tingkat provinsi ini menjadi motivasi bagi seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Blitar untuk mengembangkan budaya literasi. Rahmat ingin pemerintah desa/kelurahan menjadi pelopor pendorong budaya minat baca bagi masyarakat.

“Dengan adanya lomba ini menjadi motivasi sekaligus apresiasi bagi perpustakaan umum desa/kelurahan untuk mengembangkan dan meningkatkan penyelenggaraan serta pengelolaannya. Sehingga bisa memberikan pelayanan yang lebih baik dan dapat memberikan manfaat dalam rangka peningkatan literasi sumber daya manusia di tingkat desa/kelurahan,”ujarnya.

Makdhe Rahmat berharap, dengan adanya perpustakaan di tingkat desa dapat menjadi pendorong partisipasi aktif masyarakat untuk mengembangkan diri dengan cara belajar mandiri. Sebab, tidak ada artinya dengan adanya perpustakaan Desa/Kelurahan, dengan berbagai macam koleksinya, jika masyarakat tidak memanfaatkan buku bacaan yang dibutuhkan.

“Saya berharap buku-buku di perpustakaan tidak hanya sekadar dibaca untuk menambah wawasan. Akan tetapi bisa menjadi ilmu dan memberikan manfaat bagi yang membacanya,”harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blitar, Herman Widodo menambahkan perpustakaan Samudra Pustaka di Desa Plosorejo memiliki keunggulan dibanding perpustakaan desa lain di Kabupaten Blitar. Perpustakaan Samudra Pustaka adalah perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Selain unggul sarana dan prasarana, perpustakaan Samudra Pustaka juga unik dimana konsep suasana yang dibangun mirip dengan cafe membuat masyarakat betah. “Ya, sarana-prasarana yang komplit, SDM di perpustakaan ini juga bagus dilengkapi dengan koleksi sekitar 4.000 buku, perpustakaan Samudra Pustaka memiliki SDM yang berlatar belakang perpustakaan,”bebernya.

Dengan keberadaan perpustakaan Samudra Pustaka yang berbasis inklusi sosial mendapat dukungan penuh dari pemerintah dan tokoh masyarakat Desa Plosorejo. Sehingga dalam perkembanganya perpustakaan ini menjadi pusat informasi dan berkegiatan masyarakat.

Check Also

Bupati Blitar, Ikuti Rapat Koordinasi Pengoptimalan PPKM Mikro

Covid-19 di Jawa Timur Meningkat, Pemerintah Pusat Minta PPKM Mikro Dioptimalkan

Covid-19 di Jawa Timur Meningkat, Pemerintah Pusat Minta PPKM Mikro Dioptimalkan – Bupati Blitar Rini …