Khasiat dan Manfaat Temulawak (Tanaman Herbal Asli Indonesia)
Khasiat dan Manfaat Temulawak (Tanaman Herbal Asli Indonesia)

Manfaat Temulawak, Tanaman Herbal Asli Indonesia

Manfaat kesehatan temulawak – Temulawak merupakan tanaman asli Indonesia dengan bentuknya menyerupai kunyit. Temulawak disebut juga dengan Curcuma xanthorrhiza. Tanaman herbal temulawak ini sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia akan manfaatnya. Oleh karena itu, temulawak sering dibudidayakan di dataran tinggi untuk diolah menjadi suplemen atau dijual langsung.

Di dalam temulawak terdapat banyak zat yang bermanfaat, mulai dari protein, serat, mineral, dan kurkumin. Selain itu, terdapat tiga zat aktif yang terkandung dalam temulawak, yaitu:

  • Germakron, yang bersifat antiradang dan menghambat pembengkakan. Temulawak membantu mengurangi peradangan sehingga bermanfaat bagi pengidap osteoarthritis dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi di lutut, tanpa efek samping.
  • P-toluilmetilkarbinoldan seskuiterpen d-kamper, meningkatkan produksi dan empedu.
  • Turmeron, antimikroba.

Manfaat Temulawak Terhadap Kesehatan

  • Mengurangi Peradangan. Temulawak merangsang produksi empedu di kantung empedu, sehingga membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Dengan rutin mengonsumsinya, maka berbagai masalah pencernaan bisa teratasi termasuk kembung, gas dan dispepsia. Tanaman herbal temulawak juga bermanfaat bagi pengidap kondisi peradangan seperti kolitis ulserativa.
  • Antioksidan. Temulawak mengandung senyawa kurkuminoid yang juga bisa ditemukan pada kunyit. Senyawal ini berfungsi sebagai zat aktif anti peradangan dan merupakan obat antioksidan buat penangkal berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi temulawak, membantu tubuh untuk melawan berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.
  • Meningkatkan kemampuan fungsi otak. Khasiat temulawak rupanya juga berkaitan dengan fungsi otak. Senyawa kurkumin pada temulawak bisa memicu peningkatan kadar BDNF. BDNF adalah hormon yang membantu memperbaiki dan memperbanyak neuron dalam otak manusia. Neuoron mampu membentuk koneksi baru di area-area tertentu, sehingga manfaat temulawak bisa membantu mencegah penyakit alzheimer.

Check Also

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat dan Alami

Jerawat merupakan masalah kesehatan yang jika dibiarkan dapat merusak wajah. Berdasarkan tingkatannya, jerawat ada yang …