Eksoplanet TOI1231b. [NASA]
Eksoplanet TOI1231b. [NASA]

Unik, Planet Ini Memiliki Sistem Orbit 24 Hari Dengan Awan Air

NASA berhasil temukan planet dengan Awan Air – NASA temukan planet ekstrasurya menyerupai Neptunus dimana planet ini diektahui relatif dekat dengan Bumi dan memiliki awan air. Akan tetapi pengamatan tersebut masih terlalu dini untuk mengonfirmasi keberadaan awan air di planet yang dinamai dengan TOI1231b ini.

Seperti diwartakan dari laman Space.com Minggu (27/6/2021) Jennifer Burt, ilmuwan di Jet Propulsion Laboratory NASA mengatakan bahwa “Pengamatan di masa mendatang dari planet ini memungkinkan kita menentukan seberapa umum awan air terbentuk di planet beriklim sedang ini,”.

Walaupun informasi yang diperoleh terbatas, namun para ahli mengonfirmasi jika planet bernama TOI1231b memiliki diameter sekitar 3,5 kali diameter Bumi yang membuatnya sedikit lebih kecil dari Planet Neptunus dengan atmosfer yang relatif sejuk, sekitar 60 derajat Celcius.

Meskipun itu lebih dari dua kali lipat suhu rata-rata Bumi, Burt mengatakan, TOI1231b merupakan planet yang dingin jika dibandingkan dengan planet ekstrasurya lainnya panasnya biasa mencapai suhu ratusan atau ribuan derajat Celcius.