Pengertian Website Server atau Web Server
Pengertian Website Server atau Web Server

Pengertian Website Server atau Web Server

Apa yang dimaksud dengan Web Server? Web server adalah software yang memberikan layanan berupa data dengan fungsi utama sebagai penerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien atau kita kenal dengan web browser (Chrome, Firefox, Opera, Microsoft Edge), setelah menerima permintaan dari Client, Web Server akan mengirimkan respon atas permintaan tersebut kepada client dalam bentuk halaman web. Web Server juga merupakan bagian dari Middleware, dimana middleware ini juga difungsikan sebagai Web Services API.

Apa Fungsi Utama Dari Web Server?
Fungsi web server adalah memproses berbagai data yang diminta oleh web browser kemudian akan diberikan hasil atau jawaban berupa dokumen, video, foto, atau beragam bentuk file lainnya.

Secara umum web server difungsikan sebagai pemberi data pada web klien atau browser diantaranya seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari, dan lain sebagainya. Proses pemberian data tersebut berguna nantinya agar dapat menampilkan konten pada halaman website tertentu.

Dalam Web Server terdapat Space seperti hardisk yang digunakan sebagai media penyimpanan data dalam web server, sehingga kapasitas web server ini dipengaruhi oleh besaran hardisk / media penyimpanan yang ada. Semakin besar Hard Disk / media penyimpanan yang digunakan pada Web Server, maka semakin banyak jumlah data yang akan tersimpan dalam Web Server.

Web server sendiri juga berfungsi sebagai alat yang akan mentransfer data permintaan dari user melalui protokol komunikasi yang sudah ditentukan. Halaman web yang diminta oleh user terdiri dari berkas teks, video maupun gambar, tempat penyimpanan kearsipan digital dan banyak lagi.
Apa Jenis-jenis Web Server?

  • Web Server Apache. Apache didesain dengan guna mendukung sistem operasi UNIX. Perlu diketahui bawah apache memiliki beberapa dukungan diantaranya seperti PHP, SSL dan juga kontrol akses.
  • Web Server Nginx. Nginx berfgunsi layaknya apache, namun Nginx sangat dikenal mampu melayani segala macam permintaan mulai dari data tinggi dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang sangat sibuk. Secara mudahnya, Nginx memang lebih unggul, kecepatan, dan lebih mudah dalam hal performa sistem kerjanya.
  • Web Server Lighttpd. web server ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya yaitu sesuai dengan beberapa fitur tambahan yang tersedia seperti FastCGi, Output-Compression, FastCGi, dan URL Writing, sistem loading pada CPU jika menggunakan web server ini akan lebih cepat dan efektif.
  • Web Server IIS. IIS atau lebih dikenal dengan Internet Information Services merupakan salah satu web server yang biasanya bekerja dengan menggunakan beberapa jenis protokol yaitu seperti DNS, IP/TCIP atau beragam software lainnya yang berguna untuk merangkai situs.

Secara umum, pengertian Server atau web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi sebagai penerima permintaan yang dikirimkan seorang user melalui browser.

Permintaan tersebut kemudian ditampilkan kepada user sesuai dengan permintaan yang dikirimkan ke server. Dapat dikatakan jika web server adalah pusat kontrol yang memiliki fungsi untuk memproses permintaan yang diterima dari suatu browser.

Bagaimana Cara Kerja Web Server?
Cara kerja dari web server sendiri yaitu seperti pembahasan pengertian diatas. Web server merupakan software yang akan memberikan layanan kepada user berupa halaman website sesuai dengan permintaan user. Lebih lengkapnya apabila seorang pengunjung internet dan melakukan pencarian menggunakan browser, maka permintaan dari pencarian tersebut akan masuk kedalam web server.

Setelah permintaan tersebut masuk kedalam server, selanjutnya permintaan akan diproses oleh TCP (Tansmission Control Protocol) selaku protokol transport. Ketika data sudah ditemukan, selanjutnya server akan mengirimkan kembali kepada web server melalui HTTP atau HTTPS dalam bentuk tampilan berupa halaman website.

Akan tetapi jika server tidak berhasil menemukan data sesuai dengan permintaan, maka akan muncul notifikasi halaman error 404 atau page not found. Proses yang rumit tersebut nyatanya dapat berlangsung sangat cepat saat kita mengaksesnya.

Check Also

Pengertian Dokumentasi dan 5 Fungsi Dokumentasi

Dokumentasi adalah sebuah cara yang dilakukan untuk menyediakan berbagi macam dokumen. Salah satu caranya adalah …