Lawan Covid-19 dengan Rajin Berolahraga
Lawan Covid-19 dengan Rajin Berolahraga. ( Photo by Tim Mossholder from Pexels)

Cegah Virus COVID-19 dengan Gemar Berolahraga

Diwarta Kesehatan – Aktifitas fisik berupa Olahraga merupakan cara terbaik untuk mencegah penularan virus COVID-19. Hasil penelitian diketahui bahwa seseorang yang rutin berolahraga lebih jarang terserang penyakit dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga. Hal ini dimungkinkan karena ketika Anda berolahraga, kinerja sel darah putih akan meningkat.

Apa yang dimaksud dengan sel darah putih? Sel darah putih adalah sel yang berfungsi sebagai antibodi untuk melawan berbagai jenis kuman yang masuk kedalam tubuh.

Selain melakukan Vaksin Covid-19 [Baca juga: Bahaya Mengunggah di Sosial Media Sertifikat Vaksin Covid-19), Olahraga dipercaya dapat membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru yang memungkinkan tubuh terkena gejala flu dan penyakit lainnya. Ketika olahraga, seperti Sepakbola, Lari pagi, Bulu tangkis, maupun jenis-jenis olahraga lainya dapat meningkatkan suhu tubuh yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat menghambat bakteri untuk berkembang dalam tubuh, dan dengan suhu tubuh yang meningkat juga dapat membantu tubuh melawan infeksi.

Dengan rajin berolahraga, selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga dapat mengurangi hormon stress di tubuh dan memperbanyak hormone endorfin yang berguna untuk sebagai obat penghilang sakit alami dan penenang suasana hati (hormon bahagia).

Dalam melakukan olahraga, tidak harus ke pusat kebugaran, olahraga tetap bisa dilakukan walaupun hanya dirumah. Olahraga dapat dilakukan dengan home workout.

Jenis olahraga sederhana bisa dilakukan rumah adalah:

  1. Kardio : Tidak hanya untuk memperkuat jantung anda, kardio seperti bersepeda statis, melakukan jumping-jack, high knees, bur-pees, switch jumps, senam aerobik di rumah dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Angkat Beban : Olahraga dengan menggunakan satu set alat resistance band (untuk kekuatan otot), dapat digunakkan untuk otot punggung, bisep, trisep, bahu, maupun kaki. Untuk memperkuat otot glut, dapat digunakan pita melingkat pada paha atau betis. Olahhraga dengan menggunakan beban tubuh anda sendiri juga dapat dilakukan seperti sit up, push up, pull up, dan lain sebagainya.
  3. Yoga : Olahraga yang tidak terlalu berat seperti yoga dipercaya dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh secara optimal. Keadaan yang penuh tekanan seringkali dapat mempengaruhi imunitas anda secara negatif. Yoga yang dilakukan secara santai dapat menjadi pilihan bagi anda yang kurang menyukai olahraga berat. Selain itu, yoga juga dapat meningkatkan fleksibilitas anda.
  4. Menari : Menari merupakan kegiatan universal yang dapat dilakukan oleh segala usia. Menari dapat melepaskan rasa stress dengan membiarkan tubuh anda aktif bergerak mengikuti irama lagu tertentu. Menari juga dapat menjadi hobi baru yang bisa anda lakukan disela-sela social distancing ini. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa menari lebih baik dibandingkan olahraga lari dan membakar kalori yang lebih banyak. Selain itu, menari juga merupakan olahraga yang cenderung mudah dan dapat dilakukan kapan saja.