Zat Warna pada Buah dan Sayur Bermanfaat Melawan Kanker

Buah dan sayuran adalah makanan alami yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, dua jenis bahan makanan tersebut banyak yang memiliki khasiat untuk mencegah dan melawan kanker. Pewarna pada buah dan sayur, menjadi salah satu zat berkhasiat.

Pada penelitian terbaru yang dikutip dari Genius Beauty dikatakan mengambil buah dan sayuran yang berwarna kuning, merah, dan oranye memiliki manfaat dalam melawan sel kanker payudara. Penelitian ini mencakup dari 8 penelitian yang melibatkan 3.000 wanita penderita kanker payudara dan 3,900 wanita sehat. Dari situ ditemukan, zat pigmen yang memberikan warna pada buah dan sayur berperan dalam menghancurkan sel kanker.

Pigmen karotenoid yang membentuk warna dalam buah dan sayur memiliki fitur-fitur menarik. Zat tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki fungsi penglihatan, dan mengurangi pertumbuhan tumor. Dan, pada penelitian ini, manfaat tersebut bekerja baik pada tubuh manusia. Sementara itu, peneliti menemukan kaitan langsung antara pengaruh karotenoid dengan kemampuannya melawan sel kanker payudara.

Menurut International Agency for Research on Cancer, banyak kanker yang terjadi sebenarnya muncul dari faktor makanan. Sekitar 30 persen pria dan 50 persen wanita yang mengidap kanker, disebabkan oleh pemilihan menu makan yang buruk. Namun, di banyak sisi, jenis makanan sehat tidak hanya berperan dalam penyediaan energi dan nutrisi. Makanan sehat memiliki efek farmakologi kompleks yang mengatur biosintesis enzim, hormon, neurotransmitter, dan senyawa biologi aktif lainnya yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …