Tips-tips berikut Ini sangat ampuh untuk membuat mobil Anda irit dalam penggunaan BBM (bahan bakar minyak). Tidak menutup kemungkinan jika kita tidak memiliki kendaraan yang hemat BBM akan menjadi sumber pemborosan tersendiri. Berikut ini adalah cara yang benar kendarai mobil matik agar hemat bahan bakar.

Ini Dia Tips Jitu Yang Bikin Mobil Anda Hemat BBM

coklats.com – Mobil dengan transmisi otomatis (Automatic Transmission Car) memang dapat dijadikan pilihan tersendiri. Pada umumnya, mobil bertransmisi otomatis menjadi salah satu pilihan utama bagi mereka yang tinggal didaerah perkotaan dengan kondisi lalu lintas yang padat dan mobilitas tinggi.

Ada pandangan bahwasanya mobil matik boros akan BBM. Pandangan tersebut memang tidak dapat disalahkan atau dibenarkan sepenuhnya, hal ini berkaitan dengan teknologi transmisi matik yang semakin modern. Selain itu, boros atau tidaknya penggunaan BBM, tergantung dari karakter pengendaranya.

Seperti dilansir dari detik.com, Mahdi seorang mekanik Ramanda Motor, Jakarta, mengatakan bahwa transmisi matik menjadi boros dapat juga diakibatkan dari karakter pengemudi yang selalu melakukan kick down untuk berakselerasi.

Mobil matik yang dikemudikan pada posisi transmisi “D”, sebenarnya dapat lebih hemat dibanding mobil dengan transmisi manual. Secara otomatis mobil akan bergerak tanpa harus menginjak pedal gas. Berbeda dengan transmisi manual yang mengharuskan menginjak pedal gas saat pedal kopling dilepas. Pada saat itulah, ada kemungkinan tekanan pedal gas berlebih yang menyebabkan BBM yang masuk ke ruang bakar lebih banyak dan berlebih.

Berikut tips mengemudikan mobil bertransmisi matik agar hemat BBM:

  1. Sebaiknya pengemudi tidak melakukan kick down berlebih saat mengemudi.
  2. Injak pedal gas dengan perlahan, untuk mengatur suplai bahan bakar agar tidak berlebih ke ruang bakar.
  3. Jika membutuhkan akselerasi tinggi diawal dalam kondisi tertentu, maka sebaiknya gunakan mode manual pada transmisi matik, seperti “1”.
  4. Langkah lain untuk kondisi no.2 diatas, pengemudi dapat juga mengaktifkan fitur ecodrive, yang sudah banyak diaplikasikan pada mobil bertransmisi matik keluaran terbaru.

Nah, silahkan Anda buktikan dan aplikasikan tips menguntungkan tersebut.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …