11 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami, Memiliki rambut indah, kuat dan sehat tentu saja menjadi keinginan setiap orang. Karena rambut merupakan mahkota kepala yang apabila terlihat subur dan sehat bisa meningkatkan rasa percaya diri pada seseorang.

Maka dari itu apabila terjadi beberapa masalah rambut, misalnya rambut mengalami kerontokan, bahkan kering rambut haruslah dirawat dengan baik sehingga bisa sehat kembali bahkan menjadi lebih kuat. Rambut yang mengalami kerontokan normal berkisar antara 50-100 helai setiap harinya, namun jika Anda mengalami kerontokan rambut lebih dari batas normal tersebut maka perlu dilakukan perawatan yang baik sehingga kerontokan yang terjadi pada rambut tidak bertambah parah.

Cara yang digunakan bisa menggunakan obat terpercaya yang sudah jadi dipasaran atau bisa juga menggunakan beberapa cara dan bahan tradisional yang alami. Dan sudah tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Anda harus cermat apabila memilih produk yang sudah dijual di pasaran, sehingga cara alami tentu lebih dianjurkan karena Anda akan mengetahui bahan-bahan yang digunakan sehingga Anda bisa meyakinkan bahwa bahan alami yang Anda gunakan tidak berbahaya dan mengganggu kesehatan tubuh Anda. Selain itu bahan alami juga terbilang murah dan mudah untuk didapatkan dilingkungan sekitar Anda.

11 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Beberapa bahan alami bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok ini. Seperti yang Harian Sehat rangkum dari berbagai sumber informasi terpercaya, dibawah ini merupakan beberapa bahan alami yang mampu mengobati dan memperbaiki rambut rontok. Simak uraian lengkapnya dibawah ini!

1.) Putih Telur
Penggunaan putih telur pada rambut juga bisa membantu dalam memelihara tekstur dan kelembutan rambut yang Anda miliki. Anda bisa memisahkan antara putih telur dengan kuning telur. Setelah itu Anda bisa mengaduk-aduk putih telur hingga menjadi bentuk pasta. Lalu gunakan pada rambut Anda secara merata sehingga bisa memperlambat dan juga mengobati kerontokan pada rambut Anda.

2.) Tomat, Minyak Zaitun dan Lidah Buaya
Beberapa bahan alami juga bisa dicampurkan dan digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Pertama satu tomat bisa Anda hancurkan dan tambahkan satu sendok minyak zaitun. Lalu, panaskan campuran ini hingga menjadi terasa lebih hangat dan Anda bisa menggunakannya pada kulit kepala dengan cara dioleskan. Kemudian, diamkan selama kurang lebih setengah jam. Selain itu Anda juga bisa menambahkan bahan alami lainnya seperti daging lidah buaya pada campuran ini , tentu saja jika Anda menginginkannya.

3.) Bawang Merah
Kandungan belerang yang tinggi pada bawang merah membuat jus bawang merah bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah pada bagian kulit kepala. Selain itu, bawang merah memiliki sifat anti-bakteri yang mampu menumpas kuman dan juga berbagai parasit lainnya selain itu bisa menyembuhkan kulit kepala yang bisa menyebabkan terjadinya kerontokan. Anda bisa menggunakan beberapa bawang merah yang diparut kemudian Anda saring. Setelah jadi, Anda bisa menggunakan jus ini pada kulit kepala kemudian biarkan hingga meresap pada rambut Anda sekitar sepuluh menit. Lalu setelah itu Anda bersihkan kepala dan rambut Anda dengan menggunakan air hangat.

4.) Santan
Santan juga bisa membantu dalam mengatasi rambut rontok. Selain itu santan juga bisa dengan mudah Anda buat sendiri dirumah. Caranya dengan menambahkan parutan kelapa dan air kemudian tempatkan pada panci. Setelah itu Anda bisa mendidihkannya selama lima menit lalu saring. Diamkan hingga suhunya menjadi normal, setlah itu santan tersebut bisa digunakan pada kulit kepala Anda lalu diamkan sekitar kurang lebih dua puluh menit. Dan jangan lupa untuk memberishkan rambut Anda dengan air.

5.) Jahe
Selain digunakan sebagai bumbu masakan, jahe juga memiliki manfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut sehingga kerontokan pada rambut kepala bisa diatasi. Anda bisa membuat minyak untuk perawatan rambut dengan menggunakan jahe, caranya dengan memarut jahe dan tambahkan dengan minyak wijen lalu dicampur hingga merata. Setelah itu Anda bisa menggunakan minyak wijen ini pada kulit kepala Anda kemudian diamkan selama kurang lebih sepuuh menit dan setelah itu bersihkan hingga bersih.

6.) Protein
Protein merupakan salahsatu nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut Anda. Cara mengatasi rambut rontok secara alami juga bisa dengan mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup bisa meningkatkan pertumbuhan pada rambut dan dapat menghentikan kerontokan. Maka dari itu, Anda bisa mulai untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung protein tinggi, misalnya ikan atau bisa juga mengkonsumsi protein shake sehingga rambut Anda bisa bertumbuh menjadi lebih sehat dan lebih tebal.

7.) Vitamin B12
Selain asupan protein, cara lain untuk mengatasi rambut rontok yaitu fengan mengkonsumsi vitamin B12. Banyak manfaat dari vitamin B12 ini beberapa diantaranya mampu menjaga sel-sel pada rambut dan juga membuat kulit kepala menjadi lebih sehat. Vitamin B12 dapat membantu tubuh dalam membentuk sel darah merah sehingga membantu dalam menyediakan oksigen dalam tubuh. Diantara sumber makanan yang memiliki vitamin B12 diantaranya daging, telur, susu, unggas dan jenis makanan lainnya.

8.) Minyak Lavender
Minyak lavender dipercaya dapat membantu dalam mengatasi masalah kerontokan pada rambut dan terbukti bisa meningkatkan pertumbuhan pada bagian rambut Anda. Caranya dengan menggunakan minyak lavender lalu dipijat pada kulit kepala Anda kurang lebih selama limabelas menit. Cara ini bisa Anda rutin lakukan dua minggu sekali.

9.) Teh Hijau
Teh hijau lebih familiar sebagai minuman yang dapat melangsingkan tubuh, namun kandungan antioksidan pada teh hijau juga memiliki manfaat untuk mengurangi kerontkan pada rambut dan juga memberikan efek kesegaran pada kulit kepala Anda.Cara penggunaanya dengan menyeduh teh hijau kemudian diamkan semalam hingga basi, lalu basuhkan seluruh teh hijau tersebut pada seluruh permukaan rambut Anda lalu setelah itu Anda bersihkan dengan air hangat.

10.) Jangan Sisir Saat Basah
Anda harus mulai meninggalkan kebiasaan menyisir rambut ketika rambut Anda basah. Selain itu tidur dalam keadaan rambut yang basah juga bisa membuat rambut menjadi semakin rontok. Dalam keadaan rambut yang basah, resiko rambut patah semakin tinggi. Selain itu Anda bisa memilih sisir yang mempunyai gigi jarang agar kerontokan dan resiko rambut patah bisa lebih diminimalisir.

11.) Lidah Buaya dan Madu
Vitamin dan juga mineral yang berguna bagi rambut, bisa Anda temukan pada lidah buaya dan madu. Kedua bahan alami ini bisa menyuburkan dan menghentikan rambut rontok. Cara pembuatannya pun sangat mudah yakni dengan memotong lidah buaya dan pisahkan kulit dan buang getah yg menempel pada kulit lidah buaya karrena gatal dan gunakan gel nya saja, lalu gel tersebut bisa dicampurkan dengan sedikit madu kemudian bahan tersebut bisa dioleskan pada rambut Anda. Diamkan hingga duapuluh menit dan jangan lupa untuk membersihkan rambut Anda dengan menggunakan shampo. (source: hariansehat.com)

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …