Contoh Data, Informasi dan Pengetahuan

Contoh Data, Informasi dan Pengetahuan – Data adalah fakta-fakta mentah atau deskripsi-deskripsi dasar dari hal, event, aktivitas, dan traksaksi yang ditangkap, direkam, disimpan, diklasifikasikan, tetapi tidak diorganisasikan untuk tujuan spesifik tertentu.

Informasi adalah sekumpulan fakta (data) yang diorganisir dengan cara tertentu sehingga mereka mempunyai arti bagi si penerima. Sebagai contoh, bila kita memasukkan nama-nama mahasiswa dengan nilai rata-rata, nama-nama konsumen dengan saldo bank, jumlah gaji dengan jumlah jam bekerja, kita akan mendapatkan informasi yang berguna. Dengan kata lain, informasi datang dari data yang akan diproses.

Pengetahuan terdiri dari informasi yang sudah diorganisasikan dan diproses untuk memperoleh pemahaman, pengalaman, pembelajaran yang terakumulasi, sehingga dapat diaplikasikan dalam masalah atau proses bisnis tertentu.

Contoh:
1. Data: Nilai mata kuliah Kalkulus = E
Informasi: Tidak Lulus Kalkulus
Pengetahuan: Harus mengulang mata kuliah kalkulus semester depan

2. Data: Hari ini sedang hujan
-Informasi : Ruang kelas dingin
-Pengetahuan : Murid yang sedang flu sebaiknya memakai jaket. Murid yang kedinginan memakai jaket

3. Data: Lampu merah menyala.
Informasi: Tanda harus menghentikan mobil sejenak.
Pengetahuan: Pengemudi harus menginjak rem, jika tidak pengemudi bisa ditilang. Tapi banyak orang di Bandung terkadang menerobos lampu merah, padahal hal tersebut bisa membahayakan keselamatan.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …