Ini yang akan terjadi jika kamu nekat olahraga saat menstruasi

Menstruasi merupakan siklus bulanan yang tidak bisa dihindari wanita. Menstruasi yang datang bisa menjadi menyakitkan karena serangkaian gejala PMS seperti perut kembung, suasana hati yang buruk, atau kepala jadi pusing. Itulah sebabnya ketika kamu akan dan sedang menstruasi, sifat malas itu muncul. Dan olahraga yang rutin dilakukan jadi terlewatkan.

“Sebenarnya ketika kamu masih sering berolahraga ketika menstruasi, hal ini bukanlah masalah besar. Latihan yang dilakukan dengan intensitas tinggi membuat tubuh melepaskan banyak hormon endorfin yang membuat suasana hatimu meningkat,” ungkap Alyse Kelly-Jones, ahli obgin di Novant Health Mintview OB/GYN.

“Endorfin yang keluar juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan menyingkirkan protaglandin atau zat kimia yang diproduksi tubuh selama menstruasi yang menyebabkan peradangan, kontraksi otot, nyeri, ataupun demam. Sehingga dengan kata lain, olahraga yang tetap dilakukan saat menstruasi memberikan manfaat tinggi untuk kesehatan tubuh,” lanjutnya.

Alasan lainnya kenapa kamu harus selalu berolahraga saat menstruasi adalah untuk membakar kalori lebih banyak. “Ketika menstruasi, hormon progesteron dan estrogen berada pada titik yang rendah. Akses pada karbohidrat dan glikogen akan jadi lebih mudah dan hal ini menjadi bahan bakar bagi tubuh saat berolahraga,” terang Kelly-Jones.

Lalu, jenis olahraga apa yang bisa kamu pilih untuk dilakukan saat menstruasi?

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga kardio lebih disarankan untuk dilakukan ketika menstruasi daripada latihan beban. Sebab suhu tubuh yang lebih rendah selama menstruasi akibat penurunan hormon bisa meningkatkan intensitas waktu saat berolahraga karena tubuh butuh untuk menyimpan lebih banyak panas tanpa melelahkan sistem saraf pusat.

“Olahraga tetaplah sah-sah saja untuk dilakukan saat menstruasi. Malahan olahraga akan membuat tubuhmu selalu bugar dan tidak akan mengganggu kuantitas darah menstruasi seperti yang selama ini ditakutkan,” pungkas Kelly-Jones.

Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kamu ya ladies,

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …