Cara Membersihkan Lidah Bayi

Cara Membersihkan Lidah Bayi – Bayi merupakan makhluk kecil yang sangat menggemaskan. Namun karena daya tubuhnya yang masih lemah, maka bayi seringkali terserang penyakit. Maka dari itu kebersihan bayi sangat penting untuk diperhatikan agar terhindar dari serangan bibit-bibit penyakit. Salah satu bagian penting adalah mulut dan lidah, hal ini dikarenakan organ yang satu ini merupakan salah satu organ yang sangat aktif bekerja saat masih bayi. Mulut merupakan pintu awal masuknya semua makanan dan minuman, apalagi bayi sering mamsukkan tangan ataupun benda lainnya kedalam mulut ini merupakan cara bayi dalam mengenal benda-benda disekitarnya.

Makanan, minuman serta hal-hal lain yang dimasukkan kedalam mulut dapat membawa bakteri yang akhirnya dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit pada. Oleh karena itu, kebersihan mulut harus diperhatikan dengan baik, agar bakteri tidak dapat masuk kedalam tubuh bayi kita. Salah satu cara mencaga kebersihan mulutt adalah dengan secara rutin membersihkan lidah bayi. Lidah bayi sering terlihat berwarna putih. Banyak faktor yang dapat menyebabkan lidah bayi berwarna piutih diantaranya:

· Sufor

Sufor aau susu formula sering menjadi pilihan para ibu yang memiliki Asi yang sedikit. Sehingga memilih memakai bantuan sufor untuk memenuhi kebutuhan
nutrisi bayi. Namun aabila dikonsumsi dalam jangka panjang, sufor dapat menyebabkan lidah bayi berwarna putih karena terjadinya endapan akibat sufor dan endapan ini apabila dibiarkan secara terus menerus dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri dan bibit-bibit penyakit.

· Jamur

Warna putih pada lidah bayi dapat menandakan bahwa bayi kita sedang terserang jamur, biasanya jamur yang sering menyerang bayi adalah jamur Candida Albicans. Sebenarnya jamur ini umum terjadi dan tidak berbahaya, namun perlu dibersihkan setiap hari agar jamur dapat menghilang.

Setelah mengetahui beberapa penyebab teradinya wara putih pada lidah bayi. Kita akan membahas tentang cara membersihkan lidah bayi. Berikut beberapa cara membersihkan lidah bayi yang dapat kita lakukan:

Setelah selesai menyusui, baiknya bersihkanlah mulut bayi dengan menggunakan kasa steril. cara yatu dengan mengusapkan kasa steril secara perlahan pada mulut dan lidah. Apabila bayi anda memakai dot, rendamlah dot yang akan dipakai dengan air panas lalu setelah itu ita dapat memakainya. Hal ini dilakukan agar bakteri yang ada pada dot dapat mati. Jika anda memberikan sufor atau susu formula pada bayi anda, anda haru benar-benar memperhatikan kebersihan pada mulut bayi. Pemberian sufor atau susu formula hanya sebagai alternatif saja apbila ASI tidak mencukupi, hal ini sebai upaya untuk membuat berat badan bayi berda pada berat yang ideal, namun apabila berat badan bayi anda telah berada pada berat badan yang ideal baiknya hentikan pemberian sufor atau susu formula dan kembali lagi dengan memberikan ASI saja. Untuk membersihkan lidah bayi, kita dapat menggunakan pasta gigi khusus, namun penggunaan ini harus berada dibawah pengawasan ahli atau dokter.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …