Ingin Cepat Melupakan Sesuatu? Ini Cara yang Disarankan Peneliti

Kalau umumnya studi dilakukan untuk mencari cara mempertajam pikiran, lain hal yang dilakukan oleh peneliti di Dartmouth College, Amerika Serikat. Mereka dalam studinya melihat cara apa yang efektif untuk membantu seseorang melupakan ingatan.

Ahli psikologis dan saraf otak Jeremy Manning selaku salah satu peneliti mengatakan kunci dari melupakan ingatan adalah dengan menghapus aspek informasi latar belakang yang ada. Aspek latar belakang ini seperti suara atau bau yang berkaitan dengan memori.

Sebagai contoh ketika ingin melupakan percakapan yang baru saja terjadi misalnya, “Anda bisa berusaha tak memikirkan lagu yang berputar di latar belakang, atau pemandangan yang terjadi di luar jendela misalnya,” kata Manning seperti dikutip dari Live Science, Kamis (12/5/2016).

Meski peneliti tak melihat lebih jauh detail bagaimana strategi ini bekerja, eksperimen dalam peserta penelitian melihat ada dua hal yang bisa dilakukan untuk membantu proses lupa lebih cepat.

Cara pertama adalah dengan sengaja mengosongkan pikiran dan berusaha tak memikirkan apapun. Sementara cara kedua adalah kebalikannya dengan mengisi pikiran dengan hal-hal yang jauh berbeda dari hal yang ingin dilupakan.

“Jika Anda tak ingin mengingat warna biru maka pikirkanlah warna hijau atau merah. Jika Anda ingin melupakan suatu lagu, maka alihkan perhatian dengan lagu lainnya,” kata Manning.

Dalam studi sebanyak 25 partisipan diminta untuk mempelajari kata-kata sambil diperlihatkan pemandangan tertentu seperti hutan, pantai, dan pegunungan. Setelah itu partisipan diminta untuk mengingat beberapa kata dan melupakan kata lainnya.

Saat partisipan berusaha melupakan kata, aktivitas otaknya terlihat berusaha menghilangkan informasi latar belakang pemandangan yang berkaitan. Terbukti pada partisipan yang berhasil melakukannya kata yang diingat memang lebih sedikit dibanding partisipan yang lain.

Check Also

How To, Tutorial

How To Get FREE ROBUX?

hey how is it going bras my name is joe, in today’s video i’m going …