Viral, Trik Bocah 5 Tahun Agar Lebih Gampang Ikat Tali Sepatu

Jakarta, Mengikat tali sepatu bisa menjadi hal yang merepotkan bagi anak-anak. Tapi, bagi Anda para orang tua, tak ada salahnya mengajari anak trik mengikat tali sepatu seperti trik yang dilakukan bocah 5 tahun bernama Colton Lillard ini.

Bahkan, video Colton saat memperagakan caranya mengikat sepatu jadi viral. Ya, dalam video yang diunggah ibu Colton, Ashley Lillard di akun Facebook-nya pada 19 Januari lalu, tampak Colton sudah bersiap menggunakan sepatu merahnya. Tali sepatu kanannya sudah terikat sementara tali sepatu kirinya masih terjuntai.

“Hai, nama saya Colton Lillard. Umur saya 5 tahun,” ujar Colton. Kemudian, ia mulai menunjukkan bagaimana trik mudah mengikat tali sepatu. Pertama-tama, Colton memasukkan masing-masing ujung tali sepatu ke lubang paling atas. Dengan begitu, tali sepatu terlipat menjadi dua dan lebih pendek.

Setelah ia memasukkan kedua ujung tali, Colton mengikat tali yang sudah lebih pendek dua kali dengan membentuk simpul. Tak lama, sepatu itu pun sudah terikat dengan rapi. Dalam video tersebut, Colton berterima kasih pada temannya yang bernama River. Bocah itu mengatakan, sang temanlah yang sudah mengajarinya trik tersebut.

Sejak diunggah pada 19 Januari lalu, video ini sudah dilihat lebih dari 8,9 juta kali. Kemudian, lebih dari 188 ribu netizen membagian video ini. Sebanyak 7.400 lebih komentar pun mampir di video ini. Kebanyakan dari netizen memuji trik cerdas yang diterapkan Colton.

Beberapa netizen juga berterima kasih karena Colton sudah memberi mereka inspirasi untuk mengajari anaknya mengikat tali sepatu. Seperti Ruth Abdelnoir yang mengatakan akan mencoba cara ini bersama anak-anaknya.

“Dia luar biasa. Terima kasih sudah membagikan apa yang kamu pelajari. Sekarang, anak lain akan bisa mengikat tali sepatunya. Sukses terus untukmu,” tulis Kimberly Hillard.

Kepada People, Ashley mengatakan video Colton tersebut bahkan bisa membantu seseorang berusia 50 tahun. Diungkapkan Ashley, orang tersebut mengalami stroke dan cara yang digunakan Colton bisa melatihnya mengikat tali sepatu sendiri.

Dalam bukunya Play and Learn, dr Meta Hanindita SpA mengatakan mengikat tali sepatu sendiri bisa melatih anak mandiri. Memang butuh waktu agar anak bisa melakukan itu sehingga, orang tua perlu memberi waktu lebih longgar ketika membiarkan anak mengikat sepatunya sendiri.

Untuk melatih sang putri mengikat sepatunya, salah satu cara yang digunakan dr Meta adalah membuat mainan ‘Tie Your Shoes’. Caranya, buat pola sepatu di kain felt kemudian tempelkan di karton. Jangan lupa bolongi pola sepatu dan kemudian masukkan tali kur sebagai tali sepatu. Lalu, minta anak untuk mengikatnya.

“Manfaat permainan ini adalah melatih motorik halus, kesabaran, kemandirian, dan melatih anak menjadi lentur,” tutur dr Meta.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …