Kebanyakan makan pisang undang 3 gangguan kesehatan ini

Kebanyakan orang makan pisang setiap hari tanpa merasa khawatir akan efek sampingnya. Namun pada kenyataannya, mengonsumsi pisang berlebihan juga bisa menimbulkan dampak negatif seperti masalah usus atau alergi yang langka.

Dilansir dari livestrong.com, mengonsumsi pisang terlalu banyak tetap membahayakan kesehatanmu meski sehat. Inilah penjelasannya.

Alergi
“Mereka yang alergi terhadap lateks berisiko tinggi untuk alergi terhadap buah-buahan seperti pisang, avokad, buah kiwi, dan chestnut,” ungkap penelitian dari livestrong.com. “Reaksi alergi yang terjadi adalah gatal di mulut ketika kamu menelan pisang.”

Migrain
Pisang mengandung asam amino tirosin yang ketika masuk ke dalam tubuh berubah menjadi tyramine. Tyramine ini akan memicu sakit kepala berupa migrain. Jika kamu sudah mengidap migrain dalam waktu lama, konsultasikan pada dokter berapa jumlah pisang yang boleh kamu konsumsi per hari.

Gangguan pencernaan
Makan 1 buah pisang per hari tak dapat menyebabkan masalah pencernaan. Namun jika kamu terlalu banyak makan pisang kamu bisa mengalami diare dan perut kembung. Sebabnya, pisang kaya akan serat. Dan ketika di dalam perutmu terlalu banyak serat yang tidak bisa dicerna dengan baik maka akan menghasilkan efek samping yaitu gas yang membuat perut jadi kembung.

Asal tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih, pisang membawa banyak manfaat kesehatan untuk tubuhmu. Satu buah pisang berukuran sedang hanya mengandung 105 kalori dan dapat memenuhi 22% kebutuhan harian vitamin B6 dan 17% vitamin C. Tubuh membutuhkan vitamin C sebagai zat antioksidan untuk melindungi kesehatan jaringan ikat dan tulang. Sedangkan kandungan kalium dalam pisang membantu untuk menurunkan tekanan darah dan membuat saraf serta otot bekerja dengan baik.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …