Selain Stres, Ini 5 Alasan Mengapa Matamu Kedutan

Setiap orang mungkin pernah mengalaminya, mata kedutan. Bahkan tanpa kamu melakukan apa-apa, terkadang mata bisa berkedut-kedut sendiri. Terkadang kamu heran mengapa bisa matamu tiba-tiba bergerak-gerak sendiri, kan?

Hal ini selalu jadi misteri. Tapi ternyata mata kedutan bisa dijelaskan secara ilmiah kok, dan apa saja penyebabnya. Secara umum, dokter optometri Hannah Yecheskel dalam Women’s Health.com mengatakan, bahwa penyebabnya adalah otot mata yang stres. Tapi ada beberapa penyebab lainnya.

Minum terlalu banyak kafein

Suka minum kopi, teh atau cokelat? Makanan dan minuman kaya kafein ini juga bisa menyebabkan mata kedutan. Kafein menstimulasi denyut jantung dan metabolisme serta membuat otot tubuh bergerak, salah satunya yang bisa kamu rasakan adalah kedutan di mata.

Reaksi alergi

Ketika kamu punya alergi tertentu, tubuh akan melepas histamin sehingga menyebabkan tubuh bereaksi dengan cara berbeda. Salah satunya timbul kedutan mata, hal ini sama dengan reaksi timbulnya bentol dan gatal.

Kurang tidur

Jika kamu suak begadang, tubuh akan mudah lelah, termasuk mata. Otot pada kelopak mata termasuk yang paling sensitif, dan ketika tubuhmu kelelahan atau tidak mendapat waktu istirahat seimbang, otot mata bisa kedutan. Ini menandakan otot matamu masih lelah.

Punya tumor

Meski jarang terjadi, tapi ada kemungkinan. Jika kedutan berlangsung sangat lama atau sering timbul dan mengganggu. Dokter mata akan menyarankan untuk melakukan neuro-opthamologist untuk mengetahui apakah benar ini gejala tumor. Apalagi jika kedutan diikuti dengan masalah penglihatan.

Terlalu lama lihat komputer

Mata lelah dan stres karena bekerja terlalu lama menghadap komputer jadi salah satu sebab yang umum. Kamu butuh istirahat. Memandang keluar ruangan, melihat alam dan benda-benda jauh seperti gunung dan langit agar otot mata tidak stres.

Jadi, sudah tahu apa sebab matamu kedutan kan sekarang? Jangan abaikan, mata kedutan bisa jadi tanda bahwa kamu butuh istirahat lho. Yuk lebih perhatian dengan kesehatan.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …