Ciri-ciri Kalimat Efektif Beserta Contohnya
Ciri-ciri Kalimat Efektif Beserta Contohnya

Ciri-ciri Kalimat Efektif Beserta Contohnya

Ciri-ciri Kalimat Efektif Beserta Contohnya – Untuk menggunakan kalimat efektif dengan baik, sebaiknya kita harus mengetahui ciri-ciri kalimat efektif. Seperti diketahui bahwa kalimat efektif memiliki lima ciri, yaitu kelugasan, ketepatan, kejelasan, kehematan, dan kesejajaran. Berikut penjelasan ciri-ciri kalimat efektif dalam suatu paragraf:

  • Kelugasan: Informasi yang disampaikan dalam kalimat adalah pokok atau yang penting saja.
  • Ketepatan: Ciri-ciri kalimat efektif yakni ketepatan, artinya informasi yang disampaikan harus jitu atau tepat sasaran sehingga dibutuhkan ketelitian. Kalimat yang tidak tepat akan menimbulkan multitafsir sehingga menyebabkan keambiguan atau makna lebih dari satu, menjadi kabur, bahkan meragukan.
  • Kejelasan: Kalimat harus memiliki struktur yang jelas sehingga memudahkan orang memahami makna yang terkandung di dalamnya. Struktur yang dimaksud adalah penempatan S-P-O-K dan penggunaan penghubung atau konjungsi dalam kalimat majemuk.
  • Kehematan: Informasi yang disampaikan dalam kalimat harus cermat, tidak boros, dan perlu kehati-hatian. Maka dari itu, usahakan untuk menghindari bentuk-bentuk yang
    bersinonim.
  • Kesejajaran: Bentuk dan struktur dalam kalimat efektif harus paralel, sama, atau sederajat. Dalam hal bentuk, kesejajaran terletak pada penggunaan imbuhan, sedangkan dalam hal struktur, kesejajaran ada pada klausa-klausa yang mengisi kalimat majemuk.

Check Also

Pengertian Website Server atau Web Server

Pengertian Website Server atau Web Server

Apa yang dimaksud dengan Web Server? Web server adalah software yang memberikan layanan berupa data …