Beras merah vs beras cokelat, mana paling cepat untuk bikin kurus?

Beras merupakan pokok yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan orang Indonesia. Karena beras yang kemudian diolah menjadi nasi bisa membuat perut terasa kenyang dan tenang, maka orang Indonesia pun tak bisa dipisahkan dari nasi.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa beras putih mengandung gula tersembunyi, maka makan beras dianggap tak terlalu baik untuk kesehatan tubuh, apalagi bagi berat badan. Sehingga ada beberapa orang yang menggantinya dengan beras merah atau beras cokelat.

Pertanyaannya, manakah yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan, makan beras merah atau beras cokelat?

Beras cokelat
Beras ini dinamakan cokelat sebab hanya dikupas kulit arinya saja dan tidak diolah hingga menjadi putih bersih. Karena tidak melewati proses yang rumit ini maka beras cokelat kaya akan vitamin dan mineral

Serat: Dalam setiap sajinya, beras cokelat mengandung 4 gram serat makanan atau bisa memenuhi sekitar 14% dari kebutuhan 2.000 kalori.

Lemak dan protein: Beras merah mengandung sekitar 2 gram dan 24 gram protein per porsi.

Mineral: Beras cokelat mengandung 2% dan 5% kalsium serta zat besi. Kandungan natriumnya juga sekitar 10%.

Tak hanya baik untuk menyehatkan jantung, melindungi dari kanker, serta mencegah diabetes, makan beras cokelat juga membantu dalam menurunkan berat badan. Sebab makan beras cokelat akan membuatmu mudah kenyang dan membantu pembakaran tumpukan lemak dalam tubuh

Beras merah
warna merah yang muncul dalam beras merah dikarenakan kandungan antosianin di dalamnya. Antosianin merupakan pigmen alami yang mudah larut dalam air.

Serat: Beras merah mengandung 4 gram serat per porsinya.

Lemak dan protein: Satu cangkir beras merah yang dimasak mengandung 2 gram lemak dan 5 gram protein.

Mineral: Ada sekitar 10 gram natrium di dalam beras merah setiap porsinya.

Beras merah mengandung vitamin B6 yang bermanfaat untuk mendukung fungsi organ. Selain itu, beras merah juga mengandung monacolin yang membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tingginya serat di dalam beras merah juga mampu mengurangi berat badan.

Jadi, manakah yang paling efektif untuk menurunkan berat badan? Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com ini disebutkan bahwa beras cokelat mampu membuat tubuhmu langsing lebih cepat karena rendah kalori namun kaya serat. Sementara beras merah lebih bebas lemak.

Check Also

How To, Tutorial

How to properly update Database with EF core code first migration?

How to properly update Database with EF core code first migration