Planet termuda di Galaksi Bima Sakti ditemukan

Ahli astronomi internasional telah berhasil menemukan planet bayi baru, menariknya planet ini langsung dinobatkan sebagai yang termuda di Galaksi Bima Sakti.

Planet bayi itu, K2-33b, adalah planet paling muda yang sudah terbentuk secara utuh dan masih berumur 5-10 juta tahun. Ya, planet K2-33b lahir nyaris bersamaan dengan munculnya manusia pertama di muka Bumi.

Menggunakan teleskop luar angkasa Spitzer milik NASA, ilmuwan pertama melihat planet K2-33b di bagian atas gugusan bintang Scorpio. Jarak antara planet K2-33b dengan Bumi sendiri mencapai 500 tahun cahaya.

Menurut Dr. Saha Hinkley, pakar astronomi dari University of Exeter, planet K2-33b mungkin menyimpan informasi soal evolusi tata surya. Pria tersebut mengatakan bila sangat sulit menemukan planet dalam kondisi bayi.

“Planet K2-33b akan memberi kita kesempatan untuk belajar lebih dalam soal siklus planet,” ujar Dr. Hinkley, Daily Mail (20/06).

Data teleskop Spitzer juga menunjukkan bila planet K2-33b memiliki ukuran setara dengan planet Neptunus atau sekitar 4 kali lebih besar dari Bumi.

Check Also

Spesifikasi Oppo A5S

Kamera utama Oppo seri A5S memiliki resolusi 13 MP dengan fokus f/2.2. Autofocus adalah kekuatan …