Ternyata planet Jupiter tak ‘kelilingi’ matahari

Mungkin dari kecil kita diajari bila tata surya mempunyai beberapa planet yang semuanya mengelilingi matahari. Namun ternyata ajaran itu terbukti salah akibat keunikan planet Jupiter.

Pertama perlu diketahui bila planet selain Jupiter mempunyai lintasan (orbit) melingkar dengan matahari sebagai pusatnya. Gaya gravitasi matahari yang membuat planet-planet tetap berada di orbitnya.

Apabila digambar, titik tengah massa atau barycenter matahari menjadi pusat dari seluruh orbit Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Jupiter tidak demikian.

Planet Jupiter, menurut Tech Insider, mempunyai massa 2,5 kali total 7 planet lain di tata surya kita. Ukuran dan massa raksasa membuat titik tengah orbit Jupiter tidak ada pada titik tengah matahari, melainkan sedikit di atas permukaan matahari.

Pusat orbit Jupiter 2016 NASA/Tech Insider

Oleh karena itu ilmuwan mengatakan bila Jupiter bisa dibilang tidak benar-benar berputar mengelilingi matahari sebagai pusatnya.

“Jupiter sekitar 318 kali lebih besar dari Bumi. Jadi pusat barycenter Jupiter dan matahari sedikit lebih jauh dari inti matahari,” ujar ilmuwan NASA, Badan Antariksa Amerika Serikat.

Check Also

How To, Tutorial

How to properly update Database with EF core code first migration?

How to properly update Database with EF core code first migration