Terusik radang amandel? Usir dengan 5 obat alami ini

Radang amandel merupakan infeksi atau radang pada amandel. Amandel sendiri merupakan bola dari jaringan getah bening di kedua sisi tenggorokan di bagian atas dan belakang lidah. Bola ini merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh karena membantu tubuh melawan infeksi.

Radang amandel seringkali terjadi pada anak-anak, namun tak menutup kemungkinan terjadi pada anak-anak. Radang amandel adalah penyakit menular dan sangat cepat menular dari satu orang ke orang lainnya.

Untuk mencegah penularan, maka mengobatinya dengan segera adalah tindakan yang tepat. Ada banyak obat- obatan untuk radang amandel. Jika kamu lebih suka menggunakan obat alami, kamu bisa mencoba obat-obat alami yang bisa kamu temukan di rumah, seperti yang dilansir melalui top10homeremedies berikut ini.

1. Air garam
Pengobatan radang amandel yang paling mudah adalah dengan berkumur dengan air garam hangat. Air hangat memiliki efek menenangkan. Sedangkan garam membantu mengurangi peradangan dengan membunuh virus dan bakteri.

Resep:

Campurkan satu sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Berkumur dengan larutan dan jangan ditelan.

2. Lemon + madu
Lemon memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri, dan anti-inflamasi sehingga ampuh merawat infeksi dan peradangan. Selain itu, kandungan vitamin c di dalamnya meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Resep:

Tambahkan perasan air lemon (1 buah), sedikit garam dan satu sendok teh madu dalam segelas air hangat. Minum secara perlahan dan lakukan dua kali dalam sehari.

3. Daun kemangi
Daun kemangi adalah sayuran yang memiliki manfaat sebagai obat karena memiliki sifat anti-virus dan anti-peradangan. Selain itu sifat penyembuhan dan sifat menenangkan daun kemangi akan membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Resep:

Tambahkan 10-12 daun kemangi dalam satu setengah gelas air. Rebus selama 10 menit. Saring dan tambahkan dengan perasan air lemon (dari satu buah lemon). Tambahkan satu sendok teh madu untuk mempermanis rasa.

4. Kunyit
Kunyit merupakan rempah anti-peradangan dan anti-septik alami yang cukup kuat. Tak heran, jika kunyit mampu melawan infeksi amandel dan melegakan gejala amandel yang menyebalkan.

Resep:

Jika kamu suka mengonsumsi susu, kamu bisa menambahkan segelas susu hangat dengan satu sendok teh bubuk kunyit dan sejuput lada hitam. Minum pada malam hari selama 2-3 hari berturut-turut. Cara ini ampuh untuk mempercepat penyembuhan.

5. Kayu manis
Tak hanya sebagai bumbu masakan atau kue, kayu manis juga bisa mengobati radang amandel. Pasalnya, kayu manis kaya akan sifat anti-mikroba sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya yang melekat di amandel. Dengan begitu, kayu manis membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan.

Resep:

Untuk mendapatkan manfaatnya, tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis dalam segelas air panas. Setelah itu, campurkan dua sendok teh madu. Selama minuman ini masih panas, hirup uap airnya, dan setelah menghangat kamu bisa mengonsumsinya. Minum 2-3 kali sehari selama seminggu.

Check Also

How To, Tutorial

Bagaimana Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy?

Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy Reverse Proxy pada sistem operasi Linux bertindak sebagai penghubung antara …