4 Cara ampuh agar nafsu makan tetap terkendali

Biasanya, makan siang adalah momen yang paling dinantikan oleh banyak orang. Setelah setengah hari bekerja dengan bermodalkan sarapan yang biasanya terburu-buru, perut tentu mulai terasa lapar. Apalagi jika kita sengaja melupakan sarapan karena terkejar waktu masuk kantor atau kuliah.

Namun, jangan sampai Anda ‘balas dendam’ di warung atau kantin. Meski lapar, porsi makan tetap harus dijaga, sehingga lambung tetap sehat dan tidak menjadi pemicu kegemukan.

Lalu bagaimana jika sulit menahan nafsu makan begitu melihat berbagai makanan yang tampak nikmat? Dilansir dari Health Central, ada sejumlah cara jitu untuk menyiasati gejolak nafsu makan.

1. Gunakanlah piring yang lebih kecil.

Secara logis, piring yang lebih besar membuat makanan terlihat lebih sedikit. Akibatnya, orang akan merasa terus kekurangan dan getol memenuhi piring dengan makanan. Walhasil Anda jadi makan dengan porsi yang tidak teratur.

Trik lain yang bisa digunakan adalah menggunakan peralatan makan yang berwarna kontras dengan piring. Hal ini secara bawah sadar akan memberikan peringatan kepada otak agar lebih waspada terhadap porsi makanan.

2. Tonjolkan makanan sehat di atas piring.

Sebisa mungkin Anda harus lebih mencari makanan sehat ketimbang makanan yang hanya akan jadi sampah tubuh. Jika Anda makan di warung, kurangi porsi nasi lalu pesan sayur semangkuk dan habiskan. Hal ini sangat mungkin dilakukan karena di warung biasanya terdiri dari sebagian besar makanan yang tak sehat.

3. Hirup aroma peppermint.

Sebelum makan, hiruplah aroma peppermint. Bau daun mint ini akan merangsang otak untuk menghasilkan hormon kolesistokinin (CCK). Hormon itu akan merangsang hati untuk mengeluarkan cairan empedu ke dalam usus halus sehingga menyebabkan rasa kenyang.

4. Lakukan kebiasaan sehat.

Melakukan olahraga vertikal, seperti skipping yang lebih efektif mengurangi rasa lapar ketimbang olahraga aerobik. Sebab lompat tali akan merangsang sekresi hormon ghreline yang dapat mengurangi rasa lapar lebih banyak. Dengan mulai melakukan kebiasaan ini, perut akan lebih terisi, dan tubuh pun tetap sehat.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …